androidvodic.com

Saran Kakorlantas Polri: Mudik Lewat Jalur Pansela Sebaiknya Gunakan Kendaraan Roda Empat - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz 

News, BANTUL - Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengimbau masyarakat yang melakukan mudik Lebaran 2023 melalui Pansela agar menggunakan kendaraan roda empat.

Menurut dia, apabila ingin menggunakan roda dua, sebaiknya dititipkan saja ke angkutan kereta api.

"Saya tetap mengimbau kalau bisa jangan pakai roda dua, ya. Silakan digunakan roda empatnya. Roda dua titipkan saja ke truk. Ada juga angkutan laut dan kereta api," katanya usai meninjau Jembatan Kretek II di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (21/1/2023).

Ia menyebut imbauan tersebut sebatas saran akan keselamatan pemudik.

"Jadi, ini saran lebih kepada keselamatan karena menggunakan roda dua lumayan melelahkan," ujar Firman.

Ia turut memberi beberapa tips bagi pemudik yang melalui jalur Pansela. Pertama, pemudik perlu memperhatikan kesehatan kendaraannya.

Kedua, pemudik perlu mengatur waktu berangkat agar bisa lebih santai dan menikmati perjalanan.

Baca juga: Kementerian PUPR Sebut Pembehanan Jalur Pansela Menelan Biaya Besar, Ini Sebabnya

Pasalnya, mudik melalui Pansela memang ditujukan bagi mereka yang hendak bepergian dengan santai dan menikmati tempat wisata yang dilalui.

"Ada tempat singgah yang bisa juga dipakai dan dimanfaatkan. Tadi ada beberapa pom bensin juga. Lebih banyak ketimbang tahun lalu," kata Firman.

Adapun Firman menyampaikan pesan bagi masyarakat setempat agar tidak melakukan kegiatan di samping jalan yang dapat membahayakan pemudik yang berlalu lalang.

Baca juga: Jalur Pansela Siap Jadi Alternatif Mudik Lebaran, Kementerian PUPR Siapkan SPBU dan PJU

"Tadi ada beberapa masyarakat yang masih menggunakan badan jalan untuk jemur padi. Ini juga sebenarnya agak rawan ya," ujarnya.

"Saya nanti minta melalui Pak Kabag Ops, kita akan melaporkan ini kepada Pak Kapolri, melalui asops, untuk memastikan mematangkan kembali pergelaran pasukan ke depan," kata Firman melanjutkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat