androidvodic.com

Jadi Ketua ASEAN Business Advisory Council, Indonesia Dorong Kemakmuran Asia Tenggara - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda

News, JAKARTA - Di bawah kepemimpinan Indonesia, ASEAN Business Advisory Council (BAC) telah merencanakan agenda memperkenalkan konsep 5P, yakni peace, prosperity, people, planet dan partnership.

Ketua Umum Kadin Indonesia sekaligus Ketua ASEAN-BAC 2023 Arsjad Rasjid mengatakan, konsep tersebut untuk mencapai sentralitas dan kemakmuran ASEAN.

"Selain itu, juga untuk mempromosikan proyek-proyek strategis ASEAN yang bisa mengundang investor serta mendorong keketuaan tahun ini dengan banyak side events yang mengarah pada kerja sama bisnis dan investasi," ujar Arsjad Rasjid dalam acara pertemuan dan serah terima Keketuaan ASEAN BAC dari Kamboja ke Indonesia di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (30/1/2023).

Arsjad menambahkan, melanjutkan keberhasilan kepemimpinan B20 Indonesia 2022 lalu, Kadin Indonesia juga membuat terobosan saat memimpin ASEAN BAC, yakni memutuskan untuk memulai tujuh legacy program yang mencakup lima isu prioritas di 2023.

Tujuh program legacy ini terdiri dari tiga sektor digitalisasi, memfokuskan pada
fintech dan e-trade, yaitu Kode QR ASEAN, Platform Pinjaman P2P ASEAN dan Wiki
Wirausaha yang merupakan perpanjangan dari legacy program B20.

Arsjad menjelaskan, Wiki Wirausaha juga dapat menjadi solusi fasilitasi perdagangan di kawasan Asia Tenggara terutama bagi UMKM.

Sementara untuk legacy program dengan prioritas keberlanjutan, ASEAN BAC
menyiapkan Net Zero Hub ASEAN, yang memberikan bantuan kepada sektor swasta dalam melakukan dekarbonisasi dan mencapai tujuan net zero.

Selain itu, ada juga Carbon Center of Excellence, di mana platform ini berfungsi sebagai katalis untuk kolaborasi global dalam mencapai inisiatif Net Zero.

Baca juga: Kadin Indonesia Ajak Pebisnis ASEAN Percepat Pertumbuhan Ekonomi

Kemudian, bertujuan untuk memberdayakan pelaku usaha untuk dapat memanfaatkan potensi pertumbuhan dalam perdagangan karbon melalui pembentukan carbon knowledge repository and best practice sharing center.

Di sisi lain untuk legacy kesehatan, kampanye ASEAN One Shot Campaign bertujuan untuk membuat program vaksinasi regional permanen.

Lalu, memanfaatkan potensi vaksin generasi berikutnya melalui perluasan kapasitas manufaktur dan penelitian klinis, yang didukung oleh infrastruktur digital, untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi pandemi di masa depan dan ketahanan sistem kesehatan.

Baca juga: Pakai Rebana, Presiden Jokowi Buka Kick Off ASEAN Indonesia 2023 di Bundaran HI

"Ini akan dicapai melalui kolaborasi multi-stakeholder yang menyatukan pemerintah, industri, dan organisasi kesehatan global,' kata Arsjad.

Terakhir di bidang Ketahanan Pangan, ASEAN-BAC Indonesia mengembangkan dan merancang program ketahanan pangan yang berdampak berdasarkan model closed-loop system yang inklusif untuk sektor pertanian di kawasan.

Program ini diharapkan menciptakan dukungan terhadap sektor pertanian terutama UMKM dan petani untuk menjadi bagian dari rantai pasok global.

"ASEAN-BAC dan Kadin juga turut mendorong pelaku usaha dari seluruh dunia untuk mengikrarkan dukungan yang berkesinambungan dan berkelanjutan untuk pemberdayaan serta inklusivitas sektor pertanian untuk penguatan ketahanan pangan di kawasan," pungkas Arsjad.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat