androidvodic.com

AS Hentikan Lisensi Ekspor Produk Teknologi ke Huawei - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

News, WASHINGTON - Pemerintahan Amerika Serikat (AS) telah menghentikan pemberian lisensi kepada perusahaan AS untuk mengekspor teknologi yang mereka hasilkan ke perusahaan teknologi asal China, Huawei.

Huawei telah menghadapi pembatasan ekspor AS untuk produk 5G dan produk teknologi lainnya selama beberapa tahun terakhir.

Melansir dari CNBC, sebelumnya Departemen Perdagangan AS telah memberikan lisensi kepada beberapa perusahaan Amerika untuk menjual barang dan produk teknologi tertentu kepada perusahaan tersebut, seperti Qualcomm yang mendapat izin untuk menjual chip smartphone 4G ke Huawei pada 2020.

Seorang juru bicara Departemen Perdagangan AS mengatakan, para pejabat “terus menilai kebijakan dan peraturan kami, namun tidak mengomentari pembicaraan dengan perusahaan tertentu."

Seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan, pejabat AS sedang membuat kebijakan penolakan baru untuk pengiriman barang ke Huawei yang akan mencakup barang dan produk di bawah level 5G, termasuk barang 4G, Wi-Fi 6 dan 7, kecerdasan buatan, serta komputasi kinerja tinggi (HPC).

Sumber lain mengatakan, langkah itu diharapkan dapat mencerminkan pengetatan kebijakan pemerintahan Biden terhadap Huawei selama setahun terakhir. Lisensi ekspor untuk chip 4G yang tidak dapat digunakan untuk 5G, yang mungkin telah disetujui sebelumnya, telah ditolak, kata sumber tersebut.

Menjelang akhir pemerintahan Trump dan awal pemerintahan Biden, para pejabat masih memberikan lisensi untuk beberapa item khusus 4G.

Baca juga: Xi Jinping Bawa Huawei Kembangkan Teknologi 5G di Arab Saudi

Pejabat AS menempatkan Huawei dalam daftar hitam perdagangan pada 2019, yang membatasi sebagian besar pemasok AS untuk mengirimkan barang dan produk teknologi ke perusahaan asal China itu kecuali mereka diberikan lisensi.

Pejabat AS terus memperketat kontrol untuk menghentikan kemampuan Huawei membeli atau merancang chip semikonduktor yang menggerakkan sebagian besar produknya.

Namun, pejabat AS memberikan lisensi yang memungkinkan Huawei menerima beberapa produk.

Baca juga: Mobil Listrik Huawei AITO M7 Terjual 20.000 Unit dalam 4 Jam

Misalnya, pemasok Huawei mendapat lisensi senilai 61 miliar dolar AS untuk menjual ke raksasa peralatan telekomunikasi asal China itu dari April hingga November 2021.

Huawei melaporkan total pendapatannya mencapai 91,53 miliar dolar AS pada Desember tahun lalu, turun sedikit dari 2021 ketika sanksi AS menyebabkan hampir sepertiga dari penjualannya turun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat