androidvodic.com

Daftar Negara di Eropa yang Diprediksi Lolos dari Badai Resesi, Rusia Masuk? - News

News, JAKARTA - Ekonomi global diprediksi oleh berbagai lembaga internasional akan diselimuti awan gelap pada tahun ini. Beberapa negara diperkirakan akan masuk ke jurang resesi pada 2023.

Namun, di tengah isu resesi yang dihadapi ekonomi global, beberapa negara Eropa berhasil mencatatkan pertumbuhan, meski tetap ada kekhawatiran hasil positif ini tidak bertahan lama.

Baca juga: Menko Airlangga Sebut Peluang Indonesia Mengalami Resesi Makin Mengecil Dibanding Negara Lain

Seperti diketahui, secara teknis sebuah negara akan masuk ke dalam resesi jika pertumbuhan ekonominya terkontraksi selama dua kuartal berturut-turut.

Berikut ini beberapa negara di Eropa yang diperkirakan lolos dari jurang resesi:

1. Spanyol

Produk domestik bruto (PDB) Spanyol tumbuh 5,5 persen pada 2022, berhasil menghindari resesi meskipun ada kekhawatiran perlambatan ekonomi global, menurut data resmi yang diterbitkan 27 Januari 2023.

Dikutip dari Reuters, PDB Spanyol tumbuh 0,2 persen pada kuartal keempat 2022, berdasarkan data dari Institut Statistik Nasional Spanyol.

Namun, Spanyol memperkirakan pertumbuhan PDB akan melambat menjadi 2,1 persen pada 2023, meskipun banyak analis memperkirakan penurunannya jauh lebih tajam.

2. Prancis

Ekonomi terbesar kedua di zona euro tumbuh 0,1 persen pada kuartal terakhir 2022, karena penurunan impor energi dan investasi bisnis yang kuat mengimbangi penurunan belanja konsumen.

Angka tersebut berhasil mengalahkan perkiraan analis. Jajak pendapat Reuters mengenai ekspektasi para ekonom telah memperkirakan angka 0,0 persen untuk pertumbuhan ekonomi Prancis pada kuartal tersebut.

Untuk 2022 secara keseluruhan, ekonomi Prancis tumbuh sebesar 2,6 persen, sesuai dengan ekspektasi pemerintah.

Baca juga: Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh Positif Tahun Ini Meski Menghadapi Ancaman Resesi Ekonomi

3. Inggris

Inggris terhindar dari resesi setelah ekonomi negara itu tumbuh datar di sepanjang kuartal keempat tahun lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat