androidvodic.com

Analis Prediksi Pelemahan IHSG Hanya Berlangsung Jangka Pendek - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda

News, JAKARTA - Selama sepekan ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat alami kinerja negatif dengan melemah minus 0,45 persen dan Indeks LQ45 turun tipis minus 0,04 persen.

Dosen sekaligus praktisi pasar modal Lanjar Nafi mengatakan, sektor teknologi dan energi menjadi kontributor utama pelemahan.

Selain IHSG, pasar obligasi juga tercatat alami kinerja yang negatif selama sepekan dimana imbal hasil obligasi naik 11,9 basis poin untuk denominasi rupiah dan naik 28,7 basis poin untuk denominasi dolar Amerika Serikat (AS).

Baca juga: IHSG Sepekan Ini Minus 0,45 Persen karena Terseret Pelemahan Bursa Global 

"Penurunan kinerja pasar saham dan obligasi ini dikarenakan terkena sentimen pejabat The Fed (Bank Sentral AS) yang tetap hawkish pada tingkat suku bunga serta menurunkan spekulasi adanya pemangkasan di 2023," ujar Lanjar dalam risetnya kepada News, Minggu (12/2/2023).

Dia menjelaskan, perkiraan pasar terhadap terminal rate suku atau puncak suku bunga AS bergeser dari 5 persen menjadi 6 persen.

Sementara itu, sektor energi secara khusus didorong penurunan harga batu bara yang relatif sangat signifikan menjadi katalisator negatif utama.

Di mana harga batu bara selama sepekan mengalami penurunan lebih dari 7 persen melanjutkan penurunan signifikan di pekan sebelumnya.

Meskipun demikian sentimen ini dinilai Lanjar masih bersifat jangka pendek karena data ekonomi Indonesia yang relatif lebih kuat.

"Di antaranya, laporan PDB Indonesia yang tumbuh tetap pada level 5 persen, bahkan di atas ekspektasi pasar. Kemudian, cadangan devisa Indonesia tercatat lebih tinggi dan Indeks Kepercayaan Konsumen tetap optimis," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat