androidvodic.com

Pandemi Berakhir, AirAsia Indonesia Siap Mengoperasikan 32 Pesawat Pada 2023 - News

News, JAKARTA - AirAsia Indonesia menargetkan bisa mengoperasikan 32 pesawat pada 2023.

Saat ini, maskapai yang baru saja meluncurkan desain corak (livery) Lake Toba and Beyond telah mengoperasikan 19 pesawat dari total 26 pesawat yang dimiliki pada 2022.

"AirAsia seperti yang saya sampaikan merencanakan untuk menerbangkan 32 pesawat di 2023 ini. Jadi akan ditambah 6 pesawat lagi," kata Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga usai acara Peluncuran Livery Lake Toba and Beyond di Hangar 4 GMF AeroAsia, Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (17/2/2023).

Baca juga: Genjot Pariwisata di Asia Tenggara, AirAsia Sediakan 5 Juta Kursi Gratis

Vera mengatakan sebagian pesawat belum bisa dioperasikan pada lalu dikarenakan adanya kendala ketersediaan spare part.

Menurut dia, kondisi pandemi Covid-19 yang membaik, membuat sejumlah maskapai di Indonesia kembali berlomba-lomba mengoperasikan pesawat termasuk pesawat jenis Airbus A320 yang digunakan AirAsia.

"Ini karena spare part, karena tipe pesawat Airbus 320 itu sangat diminati di industri penerbangan di seluruh dunia tidak hanya Indonesia, dan sekarang ini karena semua maskapai itu berlomba mengaktifkan kembali armada setelah 2 tahun pandemi terjadi challange terkait availability dari spare part itu yang sedang kita upayakan," ujarnya.

Livery

Di samping itu, Vera mengatakan, pihaknya memperkenalkan livery pada badan pesawat AirAsia dengan tema Lake Toba and Beyond untuk mendukung Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas.

Ia mengatakan penerbangan pesawat AirAsia dengan rute Jakarta-Silangit akan rutin satu kali dalam sehari.

"Livery Danau Toba ini akan terbang ke semua destinasi di Indonesia dan di luar Indonesia, jadi tidak terbatas hanya ke Silangit," ucap dia.

Baca juga: Beberapa Layanan AirAsia Tak Bisa Digunakan Pada 23 November 2022 Imbas Peningkatan Sistem

Livery tersebut menggambarkan empat wanita penenun kain ulos dengan latar belakang Danau Toba pada badan pesawat. Adapun corak tersebut dilukiskan pada salah satu pesawat AirAsia berjenis Airbus A320 – 200 dengan kode PK – AZR.

Veranita Yosephine Sinaga memaparkan peluncuran livery Danau Toba merupakan bentuk dukungan AirAsia untuk Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas dan juga penyelenggaraan F1 Powerboat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat