androidvodic.com

Garuda Hanya Untung 2,5 Persen dari Penerbangan Haji 2023, Dirut: Kami Pengennya 25 Persen - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Direktur Utama Garuda Indonesai Irfan Setiaputra mengungkap dampak yang didapat dari harga penerbangan haji sebesar Rp 32,7 juta.

Diketahui, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bersama Kementerian Agama menyepakati biaya penerbangan haji sebesar Rp 32,7 juta atau tepatnya Rp 32.743.992 di 2023.

Irfan mengatakan jumlah tersebut menurun Rp 212.900 dibanding usulan awal.

Baca juga: Kuota Haji 1444 H Berjumlah 221.000 Jemaah, Berikut Ketentuan dan Sebaran Daftar Kuota per Provinsi

Menurut dia, turunnya harga penerbangan haji menjadi Rp 32,7 juta bisa menimbulkan dua dampak yang berbeda, yaitu menguntungkan atau merugikan.

Dengan asumsi harga avtur yang digunakan dalam penetapan ini sebesar 93 sen, Irfan menyebut Garuda harus menanggung apabila ternyata di kemudian hari harga avtur tersebut meningkat.

"Contohnya gini. Kami menentukan harga avtur 93 sen. Kalau harga avtur jadi 100 sen, yang menanggung [sisanya] kan Garuda," katanya ketika ditemui di ICE BSD Tangerang, Jumat (24/2/2023).

Namun, lain cerita apabila harga avtur di kemudian hari bisa turun, contohnya menjadi 85 sen.

"Kalau ternyata jadi 85 sen, ya kita mungkin memperoleh sedikit keuntungan dari situ," ujar Irfan.

Saat ini, dengan basis harga avtur 93 sen, Garuda memperoleh keuntungan sekitar 2,5 persen dari biaya penerbangan haji.

Jumlah keuntungan yang diambil sudah sesuai dengan aturan yang menyebutkan maksimal keuntungan hanya boleh ada pada angka tiga persen.

"Di haji ini ada aturan bahwa kita hanya boleh mengambil keuntungan maksimal tiga persen. Jadi, perhitungan cost yang diberikan, berdasarkan keuntungan, kita akan mengambil sekitar 2,5 persen," kata Irfan.

Baca juga: Kuota Haji Tahun Ini 221 Ribu, Jemaah Asal Jawa Barat Paling Banyak

Ketika ditanya persentase keuntungan yang sebenarnya diinginkan, Irfan menyebut 25 persen. Namun, apabila ia menentukan segitu, akan di-bully banyak orang.

"Kami pengennya 25 persen. Tapi, nanti di-bully semua orang. Kami ikut aturan saja. Yang penting kan harganya, asuminya, disepakati. Nah, memang di sini lah tantangan menarik, yaitu bagaimana kita bermain di asumsi tersebut," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat