androidvodic.com

Dukung Sustainability, Sektor Hunian Kini Beralih Gunakan PLTS - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Meningkatnya kesadaran masyarakat global, khususnya generasi muda pada gaya hidup berkelanjutan (sustainability), membuat isu di sektor hunian ikut bergeser ke arah ramah lingkungan.

Di Indonesia, sektor residensial menjadi salah satu sektor yang paling banyak menggunakan sumber energi hijauPembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) karena pemanfaatannya mampu mereduksi jejak karbon.

Saat ini kampanye mengenai energi terbarukan makin digaungkan berbagi pihak, baik pemerintah maupun sektor swasta untuk mendukung upaya transisi energi ke arah berkelanjutan.

Seperti yang dilakukan oleh perusahaan pengembang energi surya yang berfokus pada sektor residensial, SUNterra, melalui program MANDARA.

Ini merupakan program kemitraan berbasis insentif untuk mengakselerasi penggunaan sistem PLTS dengan pendekatan personal kepada calon pelanggan.

Sepanjang 2022, program ini sukses dilakukan hingga target instalasi sistem PLTS oleh perusahaan energi itu tercapai.

Mengawali 2023, SUNterra menggelar event MANDARA Kick Off Townhall 2023 untuk memberikan insentif untuk membantu masyarakat memulai pemanfaatan sistem PLTS khusus kepada Agen Mandara atau Mandarian.

Chief Executive Officer SUNterra Fanda Soesilo mengatakan, program yang telah diperkenalkan sejak 2021 itu telah memberikan dampak positif bagi perjalanan bisnis perusahaan.

Baca juga: Kejar Target 23 Persen Bauran EBT, PLTS Atap Sektor Komersial dan Industri Dikebut

Sejak 3 tahun berdiri pihaknya telah menginstalasi lebih dari 200 bangunan residensial dan komersial dengan total proyek 5MWp.

Pada acara Kick Off Townhall 2023 yang diselenggarakan di Jakarta Sabtu (25/2/2023) lalu diluncurkan pula aplikasi MANDARA yang dapat diakses dalam aplikasi SUNterra.

Baca juga: AESI: Perubahan Permen PLTS Atap Berpotensi Lemahkan Minat Pasar Residensial

Lewat platform digital ini masyarakat dapat memulai pemanfaatan sistem energi surya. Para agen juga dapat melakukan monitor terhadap pelanggan, mengecek performa tim, hingga melihat ringkasan insentif.

"SUNterra yang kami hadirkan merupakan upaya kami dalam memberikan solusi energi yang efisien, berkelanjutan, dan ramah lingkungan. Ini juga menjadi wujud komitmen kami untuk terus berinovasi dan mengembangkan teknologi energi surya yang dapat memenuhi kebutuhan energi di masa depan," ujarnya. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat