androidvodic.com

Sinergi Majukan UMKM, Dua BUMN Kembali Gelar Bazar di Sarinah - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - PT Bukit Asam Tbk bersama PT Wijaya Karya (Pesero) Tbk menggelar event bazar UMKM edisi III di Gedung Sarinah Jakarta pada 9-12 Maret 2023.

Tujuan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersinergi ini tidak lain memajukan pelaku UMKM untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Direktur SDM PT Bukit Asam Suherman mengatakan dukungan Kementerian BUMN yang telah menyelenggarakan Kegiatan Bazar UMKM sangat berarti.

Karena bulan ini (Maret, red), kata Suherman, juga berbarengan dengan hari ulang tahun HUT PT Bukit Asam yang ke-42.

Dia mengatakan, ini komitmen PT Bukit Asam dalam melakukan pembinaan UMKM.

Suherman menyatakan, para UMKM dibina dari Hulu ke Hilir. UMKM yang hadir dalam kegiatan ini, sambungnya, berasal dari empat Rumah BUMN yaitu Rumah BUMN Muara Enim.

Mereka di antaranya Rumah BUMN Banyuasin, Rumah BUMN Sawahlunto, dan Rumah BUMN Bandarjaya.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan Bazar UMKM yang diselenggarakan ini dapat membuat para UMKM Menjadi naik Kelas. Baik dari sisi penambahan Omset maupun dari bertambah nya jumlah tenaga kerja. Sehingga produknya bisa dikenal di tingkat nasional maupun mancanegara," kata Suherman, Kamis (9/3/2023).

Baca juga: Cerita UMKM Keripik Kembangkan Usaha dengan Modal Hanya Rp 500 Ribu

Direktur Quality, Health, Safety and Environment (QHSE) Wika, Ayu Widya Kiswari menyampaikan Bazar UMKM BUMN untuk Indonesia ini juga sekaligus menunjukan komitmen Wika dalam pemberdayaan UMK yang tergabung sebagai mitra binaan Wika.

Menurutnya, Wika punya komitmen yang kuat untuk memastikan usaha dari mitra binaan Wika secara konsisten mengalami pertumbuhan melalui program bimbingan dan perluasan jangkauan pasar.

“Produk-produk yang kami tampilkan di sini merupakan produk unggulan yang kami percaya akan menjadi daya tarik dan peluang besar secara komersil di pasarnya masing-masing," ujar Ayu.

Baca juga: 24 UMKM Bukukan Transaksi Penjualan Hingga Rp2,4 Miliar di Inacraft 2023

Bazar UMKM BUMN Untuk Indonesia diselenggarakan oleh Kementerian BUMN setiap bulan sejak Januari hingga Desember 2023, dan dilaksanakan oleh dua BUMN untuk masing-masing edisi dengan durasi empat hari pameran.

Rangkaian kegiatan bazar setahun penuh tersebut turut menandai ulang tahun perak (HUT ke-25) Kementerian BUMN, sebagai bagian tak terpisahkan dari upaya mendorong percepatan pemulihan ekonomi pada berbagai sektor.

Termasuk pengembangan UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian berbasis ekonomi kerakyatan.

Selama empat hari pameran juga disemarakkan dengan rangkaian kegiatan hiburan musik hidup, gelar wicara (talk show), mini theater, mini workshop, games & kuis berhadiah, dan senam kebugaran bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat