androidvodic.com

Indonesia Tarik 173 Juta Dolar AS dari Term Deposit dan Valas Devisa Hasil Ekspor - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda

News, JAKARTA - Bank Indonesia menyatakan, kebijakan term deposit valas devisa hasil ekspor (DHE) yang dimulai 1 Maret 2023 berhasil menarik 173 juta dolar AS valuta asing ke dalam negeri.

"Perkembangan transaksi, totalnya sudah mencapai 173 juta dolar Amerika," ujar Direktur Departemen Pengelolaan Moneter (DPM) BI Ramdan Denny Prakoso di Yogyakarta, Sabtu (18/3/2023).

Denny membeberkan ada enam bank dan sembilan eksportir yang sudah berpartisipasi di operasi moneter tersebut. "Itu eksportir dari sektor pertambangan dan perkebunan (sampai 16 Maret 2023)" katanya.

Dia menilai capaian dari instrumen operasi moneter tersebut masih bisa lebih baik lagi ke depannya, ditopang peningkatan jumlah bank dan eksportir.

"Ini perkembangan yang cukup baik, sehingga dengan semakin selesainya masa konsoldiasi kita, tentu lihat ke depan nilainya akan semakin meningkat. Jumlah bank yang partisipasi meningkat, demikian juga ekspor," pungkas Denny.

Sekadar informasi, dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada Desember 2022, BI menerbitkan instrumen Operasi Moneter (OM) valas yang baru untuk mendorong penempatan DHE.

Khususnya dari ekspor Sumber Daya Alam (SDA) di dalam negeri oleh bank dan
eksportir untuk memperkuat stabilisasi, termasuk stabilitas nilai tukar Rupiah dan pemulihan ekonomi nasional.

Instrumen OM valas tersebut dilakukan dengan imbal hasil yang kompetitif berdasarkan mekanisme pasar yang transparan disertai dengan pemberian insentif kepada bank.

Baca juga: Operasi Moneter, Bank China Tukar Dolar AS ke Yuan

Kemudian, dalam RDG Januari 2023, BI engimplementasikan instrumen operasi monetes valas berupa TD valas DHE, sebagai instrumen penempatan DHE oleh eksportir melalui bank kepada Bank Indonesia.

Baca juga: Operasi Moneter, Bank China Tukar Dolar AS ke Yuan

Terbaru dalam RDG Februari dan Maret 2023, BI emperkuat pengelolaan devisa hasil ekspor melalui implementasi instrumen operasi moneter valas DHE berupa term deposit valas DHE, sebagai instrumen penempatan DHE oleh eksportir melalui bank kepada BI sesuai dengan mekanisme pasar yang telah berlaku sejak 1 Maret 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat