androidvodic.com

Luncurkan Program 'Paramita', Universitas Terbuka Kunjungi Gudang Gramedia - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) bersama Gramedia Printing, dan KGX sepakat bekerja sama dalam pengiriman bahan ajar door to door secara masif langsung ke setiap mahasiswa di berbagai pelosok Tanah Air.

Adapun kerja sama tersebut bernama 'Pengiriman Bahan Ajar ke Mahasiswa Tepat dan Akurat’ atau disingkat 'Paramita'.

Rektor UT Prof Ojat Djarot, M.Bus, Ph.D mengatakan, kerja sama tersebut dilatarbelakangi oleh sejumlah masalah yang hadir di kampusnya.

"Kita tahu ada sejumlah masalah yang kita hadapi, dimana mahasiswa UT itu kan sangat besar dan tersebar di seluruh Indonesia," kata Ojat, saat ditemui dalam acara peresmian program 'Parahita' sekaligus kunjungan ke Gudang Gramedia, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (20/3/2023).

Baca juga: Menyelami Sejarah Penjajahan, Penerbit Kepopuleran Gramedia Luncurkan Novel Rasina

Ia menjelaskan, untuk kepentingan tersebut, UT punya niatan untuk meningkatkan layanan bahan ajar kepada para mahasiswa.

"Terkait dengan penggandaan bahan ajar terkait caranya supaya dicapai lebih efisien, serta pengantaran bahan ajar ke mahasiswa tersebut juga bisa dilakukan secara tepat dan akurat."

Sementara itu, Ojat menjelaskan, kerja sama terkait bahan ajar perkuliahan ini sementara diperuntukan untuk lima program studi (prodi).

Yakni, Prodi Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi.

"Untuk sementara ini yang kita lakukan kesepakatan kita untuk 5 program studi, yang kita sebarkan kepada mahasiswa yang ada di seluruh Unit Program Pelajaran Jarak Jauh (UPBJJ-UT) di Pulau Jawa," ungkapnya.

Sebagai informasi, kunjungan UT ke Gramedia Printing dan KGX meliputi serangkaian acara, antara lain peluncuaran program 'Paramita' dan melihat simulasi proses pengiriman bahan ajar berupa warehouse tour, serta simulasi uji coba pengiriman BA secara massif ke 14 UPBJJ-UT dengan 5 Program Studi (Prodi) yang jumlah mahasiswanya terbanyak.

Baca juga: Rektor UT: PJJ Bantu Pekerja Migran Raih Pendidikan di Perguruan Tinggi

Selain itu kunjungan tersebut juga ingin melihat proses mitigasi data mahasiswa yang akan dikirim BA oleh KGX dan bagaimana KGX melakukan QC untuk pengiriman BA kepada mahasiswa dengan sistem barcode.

Pada acara kunjungan tersebut, juga dilakukan ‘Pelepasan 5 Burung Merpati Putih’ yang mencerminkan 5 Prodi besar, dengan tujuan meningkatkan layanan pendistribusian bahan ajar cetak UT.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat