androidvodic.com

Antisipasi Kenaikan Harga Sembako, Jokowi Ingatkan Jaga Pasokan - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

News, JAKARTA -  Pemerintah berupaya mengantisipasi kenaikan harga sembako menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 ini. Presiden Joko Widodo mengatakan perlunya menjaga pasokan demi engantisipasi kenaikan harga sembako.

“Yang penting pasokannya selalu ada, kayak beras ini, pasokan harus ada,” kata Jokowi usai meninjau pasar di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu, (29/3/2023).

Menurut Presiden, kenaikan satu atau dua jenis komoditas menjelang hari raya merupakan hal yang biasa. Yang penting pasokannya terjaga.

Menjaga pasokan kata Presiden tidak hanya dilakukan di Sulawesi Selatan, melainkan di seluruh wilayah Indonesia.

“Pasokan harus selalu ada, ada, ada, karena telur juga di Jawa ada kenaikan ini saya kira apa, ingin melihat betul betul bahwa inflasi terkendali, harga itu naik satu dua barang biasa, kalau lebaran terjadi seperti itu, tapi memastikan bahwa pasokan itu harus ada,” katanya.

Presiden mengatakan apabila pasokannya menurun maka biasanya akan terjadi kenaikan harga. Presiden mencontohkan kasus beras yang saat pasokannya rendah harganya meningkat.

“Kayak kemarin di Ende, di Maumere, berasnya juga kita cek pasokannya turun sehingga harga naik, langsung drop. Biasanya gitu, ya,” katanya.

Baca juga: Tinjau Pasar Maros, Jokowi Tegaskan Pentingnya Pasokan untuk Antisipasi Kenaikan Harga Sembako

Secara keseluruhan, Presiden menilai harga sembako relatif aman dan terkendali. Meskipun demikian pemerintah akan terus melakukan pemantauan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat