androidvodic.com

Mengenal Teknologi Mesin Cuci dan Pengering Pakaian Ditumpuk Ala LG WashTower - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA – Menyusul kesuksesan program Pre-Order di Indonesia,

PT. LG Electronics Indonesia (LG) merilis teknologi mesin cuci terbaru yang diberi nama LG WashTower di pasar Indonesia. Ini merupakan teknologi inovatif sekaligus unik dari LG Indonesia untuk menyediakan solusi pencucian pakaian cerdas dan hemat tempat dengan mesin cuci dan pengering pakaian yang secara built-in diletakkan bertumpuk, menjadikannya sebagai teknologi yang pertama di Indonesia.

“Dengan bentuk unik bertumpuk dan dukungan kecerdasan buatan (AI – Artificial Intelligence), kehadiran solusi pencucian pakaian ini menjadikannya yang pertama hadir di Indonesia dari jenisnya,” ujar Lee, Tae-Jin, President of LG Electronics Indonesia di acara peluncuran teknologi mesin cuci ini di Jakarta, Jumat, 7 April 2023.

Baca juga: LG Pasarkan New Eco, AC Hemat Listrik yang Tidak Berisik

Lee, Tae-Jin memaparkan, konsep mesin cuci dan pengering pakaian diletakkan dalam desain bertumpuk menyerupai Menara yang tersirat dari nama WashTower yang dibawanya, sebenarnya mulai jamak ditemukan di beberapa negara besar di dunia.

Dia mengatakan, kebutuhan interaksi antar manusia lebih baik dalam hunian ditengah kebutuhan perangkat elektronik sebagai penunjang kegiatan, menjadi salah satu ide dasar untuk menghemat tempat bagi kebutuhan perangkat pencuci pakaian ini.

"Hal inilah yang kemudian membuat konsep WashTower dengan bentuknya yang meletakkan mesin pencuci dan pengering pakaian secara bertumpuk terus tumbuh menjadi tren yang semakin digemari," ujarnya.

Selain menghemat ruang bagi penempatan, konsep mesin cuci dan pengering yang ditumpuk ini juga memberi kemudahan lebih dalam instalasinya terkait dengan ketersediaan saluran air bersih maupun bagi pembuangannya.

“Dari konsep ini kami kemudian mengembangkan LG WashTower Compact sebagai solusi yang benar-benar meningkatkan standar bagi kebutuhan perangkat pencucian pakaian modern,” ujar Jung-Soo An, Product Director Home Appliance for LG Electronics Indonesia.

Dia menjelaskan, ada tiga hal utama yang dibawa LG WashTower. Yakni, hemat tempat, cerdas namun sekaligus tampil dalam desain elegan untuk membuatnya selaras dengan seluruh dekorasi ruang.

Baca juga: 32 Tahun Beroperasi, LG Konsisten Tumbuh Bersama Masyarakat Indonesia

Konsep desain datar dan unibody pada perangkat ini membuat keseluruhan desain dari mesin cuci dan pengering pakaian yang bertumpuk ini terlihat menyatu dengan sempurna. Kesan canggih bisa disimak dari kelengkapan panel kendali Center Control yang diletakkan tepat diantara keduanya.

Center Control ini menjadi kendali untuk menjalankan berbagai fungsi dari masing-masing perangkat secara keseluruhan, baik kegiatan pencucian maupun proses pengeringan pakaian, pengguna dapat dengan nyaman mengendalikannya hanya melalui satu panel yang terintegrasi.

Soal kecerdasan buatan yang ditanamkan di dalamnya, perangkat ini didukung Artificial Intelligence Direct Drive (AI DD). Dengan kemampuan menyimpan dan memproses puluhan ribu data terkait optimasi pencucian dan memanfaatkan deep learning dengan berbagai sensor didalamnya, mesin cuci ini dibuat dengan kemampuan identifikasi pola pencucian paling optimal yang menyesuaikan dengan ragam material pakaian. Penyesuaian ini termasuk gerak drum pencucian, suhu air dan bahkan waktu pencucian.

LG juga membenamkan fitur Smart Pairing. Sesuai namanya, fitur ini membuat keterjalinan kerja antara mesin cuci dan mesin pengering pakaian. Mengaktifkannya membuat mesin pengering akan otomatis membuat pilihan proses pengeringan paling tepat sesuai kebutuhan pencucian sebelumnya.

Jung-Soo An menambahkan, pihaknya juga memperhatikan aspek kenyamanan dengan menyematkan fitur TurboWash 360 pada bagian mesin cucinya dan Prepare To Dry didalam mesin pengering pakaian pada LG WashTower.

Baca juga: LG Bakal Luncurkan Smart TV yang Layarnya Bisa Ditekuk Bulan Depan

Mengaktifkan fitur ini akan mempersingkat waktu pencucian pakaian berkat kolaborasi gerak drum dan beberapa saluran air yang menyemburkan air bertekanan tinggi untuk melepaskan noda melekat sekaligus membuat deterjen mampu menembus serat pakaian lebih baik.

Sementara untuk menyingkat waktu pengeringannya, mengaktifkan fitur Prepare to Dry akan memicu mesin pengering pakaian untuk meningkatkan suhu air dalam mesin lebih awal sehingga lebih cepat dalam keseluruhan proses pengeringan pakaian.

LG membawa dua model LG WashTower dengan perbedaan pada kapasitas tamping mesin cuci dan mesin pengering, perbedaan opsi ini ada pada lapisan warna bodinya. Untuk kapasitas mesin cuci 21 kilogram dan mesin pengering 17 kilogram, LG WashTower punya warna hitam logam (blacksteel) dengan model LG WT2117NHB.

Sementara model LG WT1410NHEG memiliki kapasitas lebih kecil yakni mesin cuci 14 kilogram dan mesin pengering 10 kilogram dalam kombinasi warna hijau dan beige. Harga jualnya masing-masing Rp 40 juta dan Rp 35 juta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat