androidvodic.com

Jalin Siagakan Posko RAFI 24/7 Jelang Lebaran 2023 Antisipasi Lonjakan Transaksi Keuangan - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) menyiapkan Posko RAFI 24/7 untuk memberikan kualitas sistem layanan optimal, bagi 39 member bank dan non-bank yang tergabung dalam jaringan Link.

Direktur Utama Jalin, Ario Tejo Bayu Aji mengatakan, Posko RAFI 2023 yang mengusung tema BERKAH (Berkomitmen Sukseskan Langkah) merupakan bentuk kolaborasi Jalin dengan seluruh member. Nantinya, posko digelar selama 17 hari terhitung sejak 15 April hingga 01 Mei 2023.

Kata dia, Posko Rafi juga memberikan layanan transaksi keuangan kepada nasabah perbankan dan fintech selama periode mudik lebaran berlangsung.

Baca juga: Ini Dia Kesiapan Lima Bank Besar Sediakan Uang Tunai Untuk Idul Fitri 2023

"Kami bersiaga mempersiapkan sistem infrastruktur pengelolaan jaringan LINK di berbagai channel pembayaran seperti ATM, debit, digital banking maupun QRIS dengan menjaga performansi operasional yang sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) yang disepakati," kata Ario Tejo dalam keterangannya, Senin (10/4/2023).

Dikatakan Ario, kesiapan sistem infrastruktur jaringan Link untuk meningkatkan respon notifikasi alert, hingga menjaga threshold minimum procedure jika terjadi problem dengan lebih ketat.

"Hal ini sejalan dengan imbauan regulator untuk memperketat keamanan layanan keuangan seiring dengan meningkatnya volume transaksi pembayaran berbasis digital," ujarnya.

Selain itu, Ario menegaskan, Jalin turut melakukan berbagai persiapan managed service ATM untuk menjaga kelancaran dan kenyaman transaksi melalui mesin ATM saat mudik lebaran, salah satunya melakukan preventive maintenance di ATM jalur mudik.

Serta, memastikan kecukupan coverage teknisi di berbagai area apabila terjadi gangguan, serta memaksimalkan platform JSEECA (Jalin Site & Endpoint Controller Apps) untuk menjaga performansi managed service ATM kelolaan Jalin dan member secara real time.

"Ini merupakan upaya kami dalam memastikan operational excellence yang menyeluruh demi mendukung kelancaran dan keamanan transaksi nasabah di tengah kebahagiaan perayaan Idul Fitri," ungkapnya.

Di sisi lain, Ario menyatakan, Jalin memproyeksikan akan terjadi lonjakan volume transaksi pada jaringan LINK melalui kanal ATM, debit, mobile banking dan QRIS dengan total hingga 105 juta transaksi di periode 14 hari menjelang dan usai lebaran.

Kata dia, angka ini juga tumbuh 7 persen dibandingkan volume transaksi bulan sebelumnya atau Maret 2023.

Sementara itu, volume transaksi melalui kanal QRIS selama RAFI 2023 diproyeksi mengalami kenaikan pertumbuhan paling signifikan hingga lebih dari 700 persen (YoY) atau mencapai 43 juta transaksi.

"Pesatnya pertumbuhan transaksi digital mendorong Jalin untuk terus meningkatkan kompetensi dan keamanan layanan yang sesuai standar regulator maupun global," ucap Ario.

"Sehingga nasabah perbankan bukan hanya lebih terlindungi saat bertransaksi di kanal konvensional, namun juga aman dan nyaman saat bertransaksi di kanal digital seiring dengan pergeseran tren transaksi masyarakat ke arah non tunai," lanjut dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat