androidvodic.com

Jadi Destinasi Favorit, Ratusan Ribu Pengunjung Akan Penuhi Kawasan Wisata Ancol Pada Masa Lebaran - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Manajemen PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk atau Ancol memastikan kesiapannya dalam menyambut lonjakkan pengunjung pada periode libur Lebaran 2023.

Direktur Utama Pembangunan Jaya Ancol, Winarto menjelaskan, terjadinya lonjakkan jumlah pengunjung dikarenakan kawasan wisata Ancol merupakan tempat rekreasi terfavorit di DKI Jakarta.

Berbagai kesiapan bahkan telah dilakukan sejak sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.

Baca juga: 6 Tempat Wisata untuk Warga Jakarta Saat Libur Lebaran Bersama Keluarga

"Ancol ini masih jadi wisata favorit terbesar juga di Indonesia, jadi kita persiapkan mulai dari sebelum lebaran. Persiapan kita malah dari menjelang Ramadhan," ucap Winarto saat mendampingi peninjauan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di kawasan wisata Ancol Jakarta, Rabu (19/4/2023).

Dirinya mengungkapkan, puncak kunjungan masyarakat ke kawasan wisata Ancol akan jatuh di hari ke-2 lebaran Idul Fitri.

"Jika pada periode normal jumlah pengunjung di rentang 30 ribu hingga 50 ribu kunjungan, maka pada periode libur Lebaran jumlahnya dapat melonjak hingga 2 kali lipat. Bahkan bisa lebih (mencapai ratusan ribu," jelasnya.

Winarto juga membeberkan terdapat 3 spot paling favorit para pelancong di Ancol.

Yang pertama, pantai Ancol dan taman-taman di sekitarnya. Kedua, wahana permainan Dunia Fantasi (Dufan), dan ketiga adalah Sea World yang merupakan aquarium raksasa.

"Kita antisipasi adanya lonjakan, kunjungan paling tinggi itu terjadi H+2 lebaran, pengunjung tinggi. Kita sudah berkoordinasi antarlintas," ucap Cahyo.

"Alhamdulillah sudah dalam keadaan baik. Saat puasa orang sudah mulai berkunjung, dan saat lebaran itu lah puncaknya sampai 2 minggu ke depan. Intinya Ancol siap," pungkasnya.

Baca juga: Kemenparekraf Prediksi Kunjungan ke Tempat Wisata Selama Libur Lebaran 2023 Tumbuh 25 Persen

Dalam kesempatan yang sama, Menparekraf Sandiaga Uno mengimbau para stakeholders yang berkaitan dengan sektor pariwisata untuk dapat menjalankan berbagai aspek dengan baik terutama dalam pelayanan kepada para pengunjung agar nyaman dan aman.

Mengingat, tahun ini merupakan tahun pertama tanpa adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Saya hanya ingatkan, semua termasuk Ancol, ini adalah momen yang sangat spesial karena pertama kali setelah PPKM dicabut," papar Sandi.

"Kita harus memastikan bahwa semua wahana dalam keadaan yang mumpuni dan handal. Juga berdampak kepada para penjual kecil (UMKM)," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat