androidvodic.com

One Way Akan Diberlakukan Siang Ini Mulai dari GT Kalikangkung Pukul 14.00 WIB - News

News, JAKARTA - Korlantas Polri akan memberlakukan lalu lintas satu arah atau one way menuju ke Jakarta dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung, di Jawa Tengah pada hari ini, Senin, 24 April 2023 mulai pukul 14.00 WIB.

Kakorlantas Polri Irjen Polri Firman Santyabudi dan Menko PMK Muhadjir Effendy dijadwalkan melakukan pelepasan one way arus balik dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung siang ini.

"Iya, rencana (one way arus balik) pukul 14.00," ucap Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Nugroho kepada Tribunjateng.com, Minggu (23/4/2023).

Dia memperkirakan, puncak arus balik Lebaran diprediksi terjadi pada Selasa esok 25 April 2023 pada sore hari.

Pantauan Tribunjateng.com di GT Kalikangkung Semarang pada hari kedua Lebaran, arus kendaraan dari dua arah baik dari Jakarta dan sebaliknya tampak ramai lancar.

Mobil pribadi mendominasi

Tidak ada kepadatan arus di gerbang tol lantaran Jasa Marga membuka hampir 23 gardu terbagi ke arah Jakarta-Surabaya sebanyak 15 gardu, sisanya ke arah sebaliknya, Minggu (23/4/2023) pukul 20.29 WIB.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Nugroho mempertimbangkan skema pengaturan arus lalu lintas pada arus balik Lebaran 2023 seperti kemungkinan memberlakukan skema one way lokal dari Gerbang Tol (GT) Banyumanik.

"Kami akan lihat terlebih dulu bangkitan arusnya, supaya mampu menghitung apakah one way nanti dimulai dari Kalikangkung, Banyumanik, Bawen, bahkan mungkin dari Salatiga," ucapnya.

Baca juga: Kapolri Sebut Bakal Lakukan One Way hingga Contra Flow saat Puncak Arus Balik

Pihaknya juga akan menghitung lonjakan arus kendaraan yang terjadi agar tidak membebani jalan non tol alias jalan arteri.

Ini mengingat, jika semakin panjang one way akan semakin membebani jalan arteri.

"Kami lihat hitungan trafficnya misal masih mampu di jalan tol, maka one way tidak perlu diperpanjang," tuturnya.

Kebijakan one way lokal yang sudah diterapkan Polda Jateng pada arus mudik beberapa hari lalu diklaim pihaknya sebagai langkah jitu.

Baca juga: Jadwal dan Rute One Way selama Arus Balik Lebaran 2023

One way lokal dinilai efektif lantaran saat itu mampu memecah arus di GT Kalikangkung Semarang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat