androidvodic.com

KSPN Kecam Perusahaan Tambang Nikel di Sulawesi: Mereka Berperilaku Seperti VOC - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN), Ristadi, mengecam perusahaan tambang nikel yang beroperasi di pulau Sulawesi.

Hal itu ia sampaikan dalam orasinya pada aksi demonstrasi Hari Buruh 2023 di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (1/5/2023).

Dari atas mobil komando, ia berteriak melalui mikrofon dan mengatakan para perusahaan tersebut berlaga seperti VOC.

Baca juga: Massa Buruh Rayakan Hari Buruh 2023 di Jakarta, Kapolres Metro Jakarta Pusat: May Day Tertib, Aman

"Banyak perusahaan tambang nikel di luar Pulau Jawa mereka berperilaku seperti VOC," kata Ristadi.

Adapun perusahaan yang dimaksud Ristadi adalah PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI), PT Obsidian Stainless Steel (OSS), dan PT Gunbuster Nickel Industri (PT GNI).

Kata dia, para perusahaan tersebut telah mengeksploitasi para buruh yang bekerja di situ.

"Mereka mengeksploitasi hasil tambang bumi kita. Mengeksploitasi teman-teman kita. Buruh di Indonesia. Mereka yang kaya, kita yang sengsara. Investor asing kaya. Kita tertindas," ujar Ristadi.

Ia mengatakan, apabila para perusahaan ini tidak patuh terhadap hukum ketenagakerjaan yang ada di Indonesia, mereka harus diusir.

"Kalau mereka tidak mau patuh pada hukum ketenagakerjaan yang ada di Indonesia, kita minta perusahaan itu ditutup dan disuir," kata Ristadi.

Baca juga: Hari Buruh, Jokowi Sebut Pandemi Melandai, Perekonomian Bergerak Lagi

Pada akhir orasi, ia menyatakan solidaritasnya kepada para buruh yang bekerja di PT GNI.

"Kita solidaritas ke buruh di PT GNI. Mereka sedang menghadapi perusahaan bergaya VOC. Kita doa supaya hidup mereka lebih layak," ujar Ristadi.

Sebagai informasi, kawasan Patang Kuda hari ini, Senin (1/5/2023), dipadati oleh berbagai organisasi buruh yang melakukan aksi dalam rangka Hari Buruh 2023.

Sejak pukul 09.30 WIB, beragam organisasi buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) sudah melakukan long march ke arah Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat