androidvodic.com

Perluas Akses Pendanaan UMKM, Amartha Gandeng Flip Rambah Sistem Crowdfunding - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

News, JAKARTA - Platform penyedia layanan keuangan inklusif ke segmen usaha ultra mikro, PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) menjalin kerjasama dengan Flip, perusahaan penyedia jasa pembayaran berbasis teknologi untuk menyediakan produk pendanaan produktif menggunakan sistem crowdfunding di aplikasi Flip.

Julie Fauzie, Chief Funding Officer Amartha menjelaskan, kolaborasi ini mendorong minat U UMKM pedesaan mendapatkan permodalan.

Pendanaan produktif dengan sistem crowdfunding merupakan salah satu produk yang memungkinkan pendana untuk mendanai satu atau lebih dari peminjam dana di satu platform, secara gotong royong atau kolektif dengan modal terjangkau.

Lewat aplikasi Flip, penyedia dana pinjaman dapat menyalurkan pendanaan ke beberapa mitra usaha ultra mikro sekaligus dengan kualitas portofolio yang baik dan memperoleh bagi hasil yang dibayarkan secara mingguan.

“Dengan skema crowdfunding, pendana bisa mendanai mulai dari Rp100.000, sangat terjangkau sehingga diharapkan dapat menarik pendana retail yang lebih masif untuk mendiversifikasikan portofolionya pada pendanaan produktif. Ini merupakan bagian dari upaya Amartha mendukung peningkatan inklusi keuangan di Indonesia,” papar Julie Fauzie dikutip, Jumat (12/5/2023).

Potensi pendanaan dari kanal ritel untuk mengakselerasi pertumbuhan UMKM masih sangat besar.

"Dengan terjalinnya kolaborasi dari berbagai institusi diharapkan para pelaku UMKM bisa mendapatkan kesempatan untuk mengakses pembiayaan yang lebih luas sehingga dapat terwujud kesejahteraan yang merata, baik itu para pelaku usaha dan juga pendana retail," kata dia.

Baca juga: Autoglaze Tawarkan Kerjasaama Bisnis Salon Mobil dengan Skema Crowdfunding

Henri Halim VP Enterprise Growth & Business Development Flip menjelaskan, kolaborasi ini merupakan komitmen perusahaannya mendukung kemajuan UMKM lokal untuk terus tumbuh sekaligus meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

"Kami optimistis kemudahan teknologi yang kami hadirkan dapat menarik lebih banyak pendana pemula untuk mulai mendiverisifikasi portofolionya dengan mendanai UMKM lewat fitur pendanaan Amartha di Flip," ujarnya.

Baca juga: Didukung Kemenparekraf, Bizhare Kembali Buka Pendanaan Crowdfunding Pembuatan Film

Secara kumulatif Amartha telah menyalurkan permodalan lebih dari 12 triliun rupiah kepada 1,7 juta mitra usaha mikro di 35.000 desa di Indonesia. Sementara, Flip saat ini memiliki 12 juta pengguna individu dengan layanan transfer antarbank dan top-up e-wallet. (*/)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat