androidvodic.com

Soal Pelayanan CIQ Haji di Bandara Kertajati, Kementerian Perhubungan Klaim Sudah Kantongi Izin GACA - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, pelaksanaan Custom-Immigration-Quarantine (CIQ) bagi jemaah haji di Bandara Kertajati, Jawa Barat telah mendapatkan izin dari Otoritas Umum Penerbangan Sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA).

Hal tersebut disampaikan Direktur Angkutan Udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Putu Eka Putu Cahyadi dalam Konferensi Pers di Jakarta, Jumat (26/5/2023).

"Ini (pelayanan CIQ) juga sudah di-asesmen oleh GACCA atau otoritas penerbangan Dirjen Perhubungan Udara Kerajaan Arab Saudi," kata Putu.

Baca juga: Hari Minggu Lusa Saudi Arabia Airlines Berangkatkan Jamaah Haji Perdana dari Bandara Kertajati

"Jadi ini sudah melalui asesmen. Jadi bukan kita sendiri yang menyatakan Kertajati ready, enggak. Sebelumnya sudah mengantongi perizinan dari Arab Saudi. Jadi kedua belah pihak sudah confirmed," lanjutnya.

Putu menyampaikan, hal tersebut diperoleh hasil diskusi setelah otoritas penerbangan Arab Saudi mendatangi asrama haji di Indramayu.

"Jadi mereka sudah tahu, dan sudah ngecek juga ke asrama. Sudah kita diskusikan, asrama seperti ini. Oke, mungkin lebih tepat dilakukan di bandara saja," tegasnya.

Sebelumnya, Putu mengatakan pelayanan Custom-Immigration-Quarantine (CIQ) bagi jemaah haji akan dilakukan di Bandara Kertajati, Jawa Barat.

Adapun pemeriksaan CIQ untuk jemaah haji biasanya dilakukan pada asrama haji. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah jemaah dalam melakukan penerbangan.

Namun demikian, asrama haji Indramayu untuk embarkasi Kertajati ini masih dalam perbaikan.

"Jadi memang tentu karena ini sifatnya khusus, untuk teman-teman juga sudah mengetahui proses pemeriksaan CIQ itu seluruhnya dilakukan di asrama haji. Kecuali adalah bandara Kertajati," kata Putu saat Konferensi Pers, di Jakarta, Jumat.

"Karena asrama haji di Indramayu masih belum seluruhnya rampung, nanti pemeriksaan CIQ nya akan dilaksanakan di bandara. Tapi yang lain itu dilakukan di asrama haji, dan itu sudah berjalan," lanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat