androidvodic.com

Hari Minggu Lusa Saudi Arabia Airlines Berangkatkan Jamaah Haji Perdana dari Bandara Kertajati - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Direktur Angkutan Udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Putu Eka Putu Cahyadi mengatakan, Bandar Udara Internasional Kertajati, Jawa Barat bakal memberangkatkan jemaah haji pada Minggu (28/5/2023) mendatang.

"Sekarang, bandara Kertajati akan dilaksanakan penerbangan haji, itu menggunakan Airbus 330. Disana dengan rotasi nanti tiga unit, kira-kira pulang dan pergi oleh Saudi Arabia. Dan kita akan starting di Kertajati hari Minggu ini," kata Putu dalam Konferensi Pers di Jakarta, Jumat (28/5/2023).

Putu menyampaikan, pemberangkatan jemaah haji dari Bandara Kertajati dijadwalkan pukul 21.05 WIB menggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines.

"Jadi jadwal kita, sekitar jam 21.05 (WIB) local time. Kita akan memberangkatkan pelaksanaan ibadah haji dari bandara Kertajati di Jawa Barat," ungkapnya.

Meski begitu, Putu menambahkan, bandara Kertajati itu memang sudah lama dipersiapkan untuk keberangkatan haji beberapa tahun lalu. Namun, sempat terhenti saat pandemi Covid-19 menerpa.

"Ini juga hal yang baru, Kertajati menjadi perhatian. Karena beberapa tahun yang lalu sebelum pandemi Covid-19, sempat direncanakan. Tapi karena pandemi jadi tidak ada kegiatan Haji," jelasnya.

Adapun sebelumnya, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama, Saiful Mujab mengukapkan Bandar Udara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat akan berangkatkan 8.000 jemaah haji dengan 24 kloter keberangkatan.

"Alhamdulillah sore hari ini baru saja kita mengikuti terkait persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1444 Hijiriah di embarkasi Kertajati dengan asrama haji di Indramayu," kata Saiful di Bandara Kertajati, Jumat (5/5/2023).

Baca juga: Bandara Kertajati Sudah Disiapkan Jadi Embarkasi Haji Sejak 2020, Tertunda karena Covid-19

Kemudian dikatakan Saiful Bandara Kertajati untuk pertama kalinya menyediakan fasilitas keberangkatan haji untuk wilayah Majalengka dan sekitarnya.

"Tadi sudah dijelaskan terkait jamaah datang sampai akhir boarding hingga naik pesawat. Untuk pertama kali untuk penyelenggaraan ibadah haji di Kertajati yang dijadwalkan akan memberangkatkan 24 kloter untuk wilayah Majalengka, Kuningan, Cirebon, Indramayu, Subang dan Sumedang," sambungnya.

Saiful mengungkapkan tahun ini sekitar 8.000 jemaah haji akan berangkat dari Bandara Kertajati mulai 28 Mei 2023.

Baca juga: Asrama Haji Indramayu Siap Layani 8.968 Jamaah yang Berangkat dari Bandara Kertajati

"Jadi sekitar 8.000 jemaah nanti akan berangkat dari sini dan insyaallah kloter pertama pada tanggal 28 Mei 2023 sekitar 21.00 WIB," jelasnya.

Kemudian dikatakan Saiful untuk tahun ini embarkasi Kertajati berbeda dengan 13 embarkasi yang lain.

"Kalau yang lain selesai administrasi termasuk imigrasi dan lain sebagainya di asrama. Untuk di Kertajati tahun ini selesainya di bandara," lanjutnya.

Baca juga: Persiapan Keberangkatan Jemaah Haji dari Bandara Kertajati Sudah 90 Persen

Saiful melanjutkan nantinya asrama haji untuk persiapan selama 24 jam. Setelah itu diberangkatkan ke bandara.

"Tahun ini beda karena kesiapan asrama haji. Insyaallah tahun depan kalau sudah semua terpenuhi akan disamakan standarnya," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat