androidvodic.com

Bagaimana Cara Dapat Cuan di Dunia Digital? Berikut Tips dari Para Ahli - News

News, JAKARTA- Pengguna internet dapat mencari cuan di dunia digital.

Beberapa di antaranya dengan menjadi influencer, product reviewer, hingga dengan menjual produk sendiri.

Baca juga: Kiat Membangun Usaha di Era Digital Menurut Pakar Dunia Digital

Managing Director IMFocus Digital Consultan, Alex Iskandar menyebutkan bahwa Individu yang cakap digital dinilai mampu mengetahui dan menggunakan perangkat keras maupun lunak, aplikasi percakapan, mesin pencarian, serta lokapasar dan transaksi digital.

Lalu bagaimana cara mendapatkan cuan di online?

"Yaitu dengan menjadi influencer/endorser, product reviewer atau dengan jualan produk sendiri, reseller produk fisik maupun digital melalui market place," ujar Alex saat diskusi daring dikutip Sabtu (27/5/2023).

Hal itu disampaikan Alex saat kegiatan Webinar Literasi Digital di wilayah Bali, Nusa Tenggara dan sekitarnya dengan mengusung tema “Belajar Digital Marketing Bagi Para Pencari Cuan”.

Menurut Alex, semua dapat dimonetisasi dan dijadikan cuan asalkan percaya diri, mau belajar dan action jangan takut dengan kompetitor.

Baca juga: Ekonomi Digital Bertumbuh, Elitery Targetkan Laba Bersih Rp21 Miliar di 2023

"Jangan bersaing dengan kompetitor tetapi bersainglah dengan diri sendiri, carilah hobi yang kamu sukai sehingga kerja tidak terasa berat tidak perlu menjadi expert mulailah dulu dan fokus," ungkap Alex.

Budaya digital merupakan hasil kreasi dan karya manusia berbasis teknologi internet dan tercermin melalui bagaimana kita berinteraksi, berprilaku, berpikir, dan juga komunikasi di dunia digital.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam membuka bisnis digital khususnya untuk kalian para pembisnis atau calon pembisnis digital yaitu dengan kemampuan skill dapat membuat jasa konten marketing dan berkolaborasi bersama UMKM yang dapat menghasilkan uang.

Selain itu strategi bisnis juga perlu diperhatikan dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi, lakukan inovasi update tentang perkembangan digital agar tidak tertinggal, melakukan promosi pada platform yang tepat.

Baca juga: Tren Masyarakat Indonesia Investasi di Aset Digital Meningkat

"Kedepannya masyarakat diharapkan bisa lebih mudah memahami teknologi digital bukan hanya sekedar alat komunikasi namun juga bisa menghasilkan rupiah dengan bisnis maupun usaha lainnya secara cerdas dan bijak yang tidak melanggar norma hukum pastinya," ucap Baiq Sekar Pertiwi selaku Entrepeneur/Digital Marketing

Chief Executive Regional ACSB East Jawa Meithiana Indrasari mengatakan perubahan gaya hidup serba digital memudahkan dan praktis dalam melakukan aktivitas selain itu masyarakat juga semakin nyaman dan percaya dalam melakukan aktivitas melalui platform digital.

"Di mana platform tersebut terus meningkatkan keamanan fitur-fitur agar memberikan kenyamanan dan keamanan baik untuk penjual maupun untuk pembeli namun disamping itu perlu nya pemahaman keamanan digital sangat diperlukan guna untuk menghindari potensi-potensi buruk dan kejahatan digital yang bisa saja terjadi di lain waktu," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat