androidvodic.com

AS Lewati Ancaman Gagal Bayar Utang Negara - News

News – Amerika Serikat akhirnya lolos dari ancaman gagal bayar utang negara.

Kongres AS telah menyepakati untuk menaikkan batas pinjaman negara. Negara ini diperkirakan akan melampaui batas utang saat ini pada Senin 5 Juni 2023.

Dikutip dari BBC Tindakan bipartisan melalui Senat dengan suara 63-36, sehari setelah disetujui Dewan Perwakilan AS.

Baca juga: Harga Minyak Dunia Lanjutkan Penurunan, WTI Amblas Jadi 67,70 Dolar Jelang Kesepakatan Pagu Utang AS

Presiden Joe Biden mengatakan dia akan memberlakukan tindakan itu menjadi undang-undang.

Tanda tangannya pada RUU itu akan menghindarkan AS dari bencana gagal bayar atas utangnya sebesar $31,4 triliun (£25 triliun).

Gagal bayar akan membatasi kemampuan pemerintah untuk meminjam lebih banyak uang atau membayar semua tagihannya. Itu juga akan mengancam mendatangkan malapetaka di luar negeri, mempengaruhi harga dan tingkat hipotek di negara lain.

Dalam sesi Kamis malam, RUU disahkan dengan dukungan dari 44 Demokrat dan 17 Republik, ditambah dua independen.

Enam puluh suara diperlukan untuk menyetujui langkah tersebut di kamar 100 kursi yang hanya dikontrol secara sempit oleh Demokrat.

Tiga puluh satu Republikan menentang, termasuk seorang anggota pimpinan partai di majelis itu, John Barrasso.

Senator Demokrat John Fetterman dan Elizabeth Warren, ditambah Bernie Sanders yang independen, juga memberikan suara menentang.

Baca juga: Harga Minyak Dunia Lanjutkan Penurunan, WTI Amblas Jadi 67,70 Dolar Jelang Kesepakatan Pagu Utang AS

Para senator pertama kali mengusulkan 11 amandemen pada tagihan plafon utang, tetapi semuanya ditolak dengan cepat, membuka jalan untuk pemungutan suara terakhir.

Jika salah satu amandemen disahkan, seluruh RUU harus dikirim kembali ke DPR, menyisakan sedikit waktu untuk memastikan pengesahan terakhir dari tindakan tersebut sebelum AS jatuh dari tebing fiskal.

"Amerika bisa bernafas lega, lega karena dalam proses ini kita menghindari gagal bayar," kata pemimpin Mayoritas Demokrat Chuck Schumer kepada Senat.

Dalam tampilan bipartisan yang jarang terjadi, pemimpin Republik Senat Mitch McConnell mengatakan kepada wartawan bahwa dia akan "bangga mendukungnya tanpa penundaan".

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat