androidvodic.com

Kilas Balik Penggunaan Masker: Harga Satu Kotak Dibanderol Rp1,5 Juta dan Kini Tak Wajib Digunakan - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Terbitnya surat edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 1 Tahun 2023 menjadi penanda baru dalam perjalanan Indonesia menuju endemi.

Hal ini juga menjadi sebuah awal baru bagi aktivitas bertransportasi masyarakat, baik itu udara, darat, atau laut.

Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang protokol kesehatan pelaku perjalanan untuk dalam negeri dan luar negeri pada Senin (12/6/2023).

Baca juga: Mulai Hari Ini, Penumpang Pesawat di 20 Bandara Angkasa Pura II Diizinkan Tak Pakai Masker

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, pembaruan ini sejalan dengan terbitnya Surat Edaran (SE) Nomor 1 tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan pada Masa Transisi Endemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Menindaklanjuti SE Satgas tersebut, Kemenhub menerbitkan sebanyak empat SE.

SE Nomor 14 (transportasi darat), SE Nomor 15 (transportasi laut), SE Nomor 16 (transportasi udara), dan SE Nomor 17 (perkeretaapian), yang mulai diberlakukan pada 9 Juni 2023

Secara umum yang diatur di dalam SE Kemenhub yaitu penumpang dianjurkan tetap melakukan vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat, terutama bagi masyarakat yang memiliki resiko tinggi penularan Covid-19.

Kemudian, penumpang diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19.

Hal ini memantik Tribunnews untuk melihat kembali ketika awal pandemi covid-19 di Indonesia, di mana saat itu harga masker meroket.

Harga Masker di Indonesia Jadi Sorotan Media Asing, Disebut Lebih Mahal Ketimbang Emas

Melonjaknya harga masker di Indonesia akibat kekhawatiran masyarakat mengenai virus corona (covid-19), menjadi sorotan media asing.

Straits Time, pada Senin (10/2/2020), menulis artikel berjudul Coronavirus: Price of a box of N95 masks cost more than a gram of gold in Indonesia, yang berarti harga masker lebih mahal dari satu gram emas.

Dikutip Tribunnews dari Straits Time, harga sekotak masker N95 di Pasar Pramuka telah mencapai harga Rp 1,5 juta, meningkat tujuh kali lipat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat