androidvodic.com

Wamendag Jerry Angkat Sepatu, Tunjukkan Kebanggan Produk Asli Indonesia - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga melepas sepatu lalu mengangkat dan menunjukkan kepada kamera.

Jerry mengaku sepatunya adalah produk asli buatan Indonesia.

"Ini buatan Indonesia 100 persen dari Jawa Barat bahkan khusus model ini karena yang jual senang saya beli maka dikasih nama sesuai dengan nama saya," ucapnya dalam acara hybrid Bangga Buatan Indonesia: Ayo Papua Barat Mendunia yang digelar Tribun Network, Senin (12/6/2023).

Bukan hanya sepatu, Wamendag asal Manado ini juga menunjukkan kebanggaannya mengenakan batik motif Papua dan Papua Barat.

Menurut dia mengenakan batik sebagai produk asli Bangsa Indonesia bukan hanya kebanggaan tetapi cara mengapresiasi kearifan lokal yang selama ini digalakkan pemerintah.

Baca juga: Konsumsi Sumber Protein Hewani seperti Susu dan Produk Olahannya Masih Rendah

"Ini sebuah langkah konkret yang kita bisa berikan kepada masyarakat bahwa produk-produk Indonesia, produk nasional, dan produk made in Indonesia itu 100 persen pemerintah ada keberpihakan," tutur Jerry.

Tidak sampai di batik dan sepatu, Wamendag juga mengenakan celana hingga kacamata buatan Indonesia.

"Saya pengin tunjukkan kacamata yang saya pakai ini 100 persen made in Indonesia. Kebetulan kalau yang ini dari Bali, dari hulu ke hilir merknya ini buatan Indonesia," urainya.

Pemerintah mencanangkan sebuah program prioritas bernama Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BWI).

Untuk memperkenalkan lebih jauh tentang Gernas BBI dan BWI di Papua Barat kepada khalayak luas, Kemendag RI bersama dengan Tribun Network menggelar webinar dengan tema ‘Bangga Buatan Indonesia, ayo Papua Barat Mendunia’.

Webinar ini akan dihadiri oleh Deputi Parekraf Kemenko Marves Odo Manuhutu, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat Roni Cahyadi, Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia (Persero Tbk) Fajrin Rasyid, Pj Sekretaris Daerah Papua Barat Dance Sangkek, dan Puteri Indonesia Papua Barat 2023 Veronica Angelina selaku pembicara.

Baca juga: Perkuat Pasar Produk Lokal, Kementerian BUMN Gelar ABBI 2022

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dan Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw bakal turut hadir untuk memberi sambutan.

Lewat webinar ini, masyarakat dapat mengetahui lebih lanjut tentang pelaksanaan Gernas BBI dan BWI di Papua Barat, termasuk manfaatnya bagi para pelaku UMKM di provinsi tersebut.

Tak hanya terkait UMKM, informasi mengenai perkembangan pariwisata Papua Barat pun juga akan dipaparkan oleh para pembicara dalam webinar ‘Bangga Buatan Indonesia, Ayo Papua Barat Mendunia’.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat