androidvodic.com

Empat Bandara Saudi Siap Terima 1,7 Juta Jemaah Haji dari Seluruh Penjuru Dunia - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, RIYADH - Empat dari enam bandara internasional di Arab Saudi bersiap menerima kedatangan jemaah haji tahunan dari seluruh penjuru dunia.

Bandara-bandara tersebut akan menerima 1,7 juta jemaah selama musim haji 1444 Hijriah/2023 Masehi, melalui 7.700 penerbangan yang datang dari negara-negara di tujuh benua.

Dikutip dari Aviationsourcenews.com, Rabu (14/6/2023), Otoritas Umum Penerbangan Sipil Saudi (GACA) telah meningkatkan bandara internasionalnya.

Terutama yang khusus menerima tamu Allah SWT, bekerja sama dengan Kementerian Haji serta merupakan lini pertama Saudi dalam sistem Haji besar.

Menariknya, empat dari bandara ini menempati peringkat 100 bandara teratas dunia selama 2023, ini menurut 'Skytrax' Inggris, yang meninjau 550 maskapai dan bandara teratas di seluruh dunia.

Distribusi geografis dipertimbangkan saat memilih bandara internasional dan regional untuk menerima jemaah sepanjang waktu.

Kenaikan angka yang stabil

Menurut rilis resmi otoritas Saudi, bandara-bandara tersebut akan menerima 7.700 penerbangan yang mengangkut 1,7 juta jemaah Haji selama musim Haji 2023.

Pengamatan GASTAT terhadap ribuan penerbangan jemaah selama beberapa tahun terakhir, menunjukkan bahwa sekitar 1,3 juta jemaah tiba melalui udara selama musim 2014.

Angka ini merupakan jumlah yang tidak jauh dari yang dicapai pada tahun berikutnya.

Jumlahnya, terutama meningkat selama musim Haji 2018, di mana bandara Saudi menerima 1,8 juta jemaah.

Jemaah asing yang bepergian ke Arab Saudi melalui jalur udara pada 2019 mencapai 93 persen dari total jumlah yang mencapai 1,7 juta jemaah Haji asing.

Persiapan Kementerian Haji

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat