androidvodic.com

Di Kompasfest 2023, Ridwal Kamil Ungkap Tiga Faktor Indonesia Bisa Jadi Negara Super Power - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda

News, JAKARTA - Kompas mempersembahkan festival kreatif KompasFest Creation 2023 yang diadakan pada 17 Juni hingga 18 Juni 2023 di Dome Area, Senayan Park, Jakarta.

Dalam acara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) mengatakan, semua negara bercita-cita menjadi adidaya atau super power.

"Semua bangsa mimpi jadi negara adidaya, dulu China tahun 50an jauh tertinggal, sekarang Amerika ketar-ketir ke China. Dulu Jepang kalah (perang dunia II) pernah, sekarang buatan Jepang dengan segala teknologinya," ujarnya, Minggu (18/6/2023).

Baca juga: Jokowi: Wujudkan Indonesia Emas 2045 Tidaklah Mudah

Sementara itu, dirinya yakin Indonesia juga bisa menjadi negara super power layaknya Jepang dan China dengan tiga faktor pendukung.

"Pertama, Allah memberikan sumber daya paling luar biasa ke Indonesia, yaitu energi terbarukan terbanyak di dunia. Itu akan menghasilkan energi terbarukan bersih dan hijau 400 giga watt dan di 2045 kita akan konsumsi setengahnya, Indonesia akan ekspor energi hijau terbarukan ke seluruh dunia," katanya.

Kedua, sekira 70 persen penduduk Indonesia nantinya adalah generasi muda yang diharapkan bisa produktif menopang perekonomian.

"Kedua, hanya Indonesia penduduknya 70 persen anak-anak muda di 2045, sekarang 1 Ibu punya peluang 2 anak, 1 perempuan 1 laki-laki, Jepang sudah hilang, Korea sudah, tidak mau punya anak dan sebagainya. Nanti kita melimpah, generasi kita siapkan agar paham terhadap disrupsi, 80 juta lapangan kerja akan hilang, tapi 120 juta lapangan kerja baru akan lahir kalau mau beradaptasi," tutur Ridwan Kamil.

Dia menambahkan, faktor ketiga yang bisa membuat Indonesia menjadi negara adidaya, yakni kepribadian dari manusianya.

"Ini ketiga yang saya banggakan adalah kebaikan hatinya tertinggi di dunia, kedua adalah Selandia Baru. Masyarakat Indonesia paling dermawan di dunia," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat