androidvodic.com

Tahun Politik, Pedagang Tekstil di Senen Jaya Mulai Panen Pesanan Atribut Parpol Sampai Luar Kota - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA – Para pedagang tekstil di Jakarta menerima lonjakan permintaan bendera hingga atribut partai politik tahun 2023 ini dan diprediksi permintaan akan terus meningkat di 2024 mendatang di mana akan diselenggarakan Pemilu serentak dan Pemilihan Presiden.

Sejumlah pedagang di pusat perbelanjaan produk tekstil Senen Jaya di Jakarta Pusat mengaku mengalami kenaikan permintaan tersebut.

Menurut Manager Pengelola Pusat Perbelanjaan Senen Jaya 1&2, Prismo Juni Prianto, menjelang tahun politik permintaan atribut partai di pusat perbelanjaannya memang meningkat, meskipun saat belum semua pedagang merasakannya.

Baca juga: Industri Tekstil Banyak Lakukan PHK, Pengusaha: Karena Digitalisasi untuk Menambah Daya Saing

Dia mengatakan, umumnya pesanan atribut parpol datang dari tim sukses baik di Jakarta maupun luar kota.

“Biasanya enam bulan jelang pemilu tapi ini sudah mulai ada aktivitas. Perlahan pesanan mulai meningkat khususnya bendera, kaos dan umbul-umbul,” katanya dalam keterangan tertulis yang dikutip Selasa (20/6/2023).

Di pusat perbelanjaannya saat ini terdapat 400 pedagang atribut dan aksesoris partai sejak fasilitas ini dibuka kembali pada Februari 2023 setelah dibangun ulang.

Mereka umumnya menempati kios-kios di lantai 1 dan 2 Pusat Perbelanjaan Senen Jaya 1&2.

Salah seorang pedagang atribut partai di Pusat Perbelanjaan Senen Jaya 1&2, Chandra (52), menyatakan, setiap musim politik, banyak ajudan dan tim khusus partai dari berbagai daerah bahkan di luar pulau menghubunginya.

Chandra memiliki satu toko tekstil bernama Bangkit Bersama yang menjual berbagai macam atribut kampanye partai seperti bendera, kemeja, baju, pernak-pernik untuk name tag, syal, pin, gantungan kunci dan stiker.

“Saya sudah lebih dari 30 tahun jual khusus partai. Saat Pilkada atau Pilpres pasti di sini (Pusat Perbelanjaan Senen Jaya 1&2) yang dituju orang karena paling lengkap, pilihan pedagangnya juga banyak jadi bisa nyocokin harga. Kebanyakan yang order ke saya justru dari luar Jakarta seperti Lampung, Medan, Makassar bahkan Maluku ada,” kata Chandra.

Baca juga: Asosiasi Pertekstilan Indonesia Ungkap Akan Ada Industri Tekstil Gulung Tikar Dalam Waktu Dekat InI

Justina (34) pedagang tekstil lainnya, mengaku saat ini sudah mulai ada pergerakan dari tim politik. Ia menceritakan pemesan di tokonya paling banyak berasal dari Indonesia bagian timur seperti NTB, NTT, Sulawesi, serta Papua.

"Pesanan sudah mulai masuk kok, seperti emblem dan kaos. Kemarin Partai Hanura ditotal-total pesan 10.000 pcs kaos, tapi itu dari tujuh tim sukses ya,” ujarnya.

Beragam atribut partai dijajakan di tokonya, Jussam Advertising di Pusat Perbelanjaan Senen Jaya 1&2. Mulai dari kaos, kemeja, bendera, pin, topi, hingga stiker.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat