androidvodic.com

Pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Dalam Proses Finalisasi FS, Rampung Agustus 2023 - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - PT Angkasa Pura II kini tengah memfinalisasikan feasibility study (FS) pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta.

Diketahui, AP II tengah menyiapkan perencanaan pembangunan terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

"Jadi memang dia (Terminal 4) masuk ke paket kemitraan strategis bandara Soekarno-Hatta," kata Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, ketika ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Baca juga: Angkasa Pura II: Trafik Penumpang Pesawat Berpotensi Naik Usai Aturan Pakai Masker Dicabut

"Sekarang prosesnya kan memang kita sedang memfinalkan FS untuk kemitraan strategisnya, di samping memang untuk design terminal baik basic design maupun konseptual design kan sudah selesai," lanjutnya.

Pada proses finalisasi ini, AP II sedang fokus menggodok desain engineering-nya setelah sempat ditunda pembuatan detailnya.

"Memang kita tunda untuk detail engineering design-nya karena itu akan sangat menentukan pada saat siapa mitra strategisnya terpilih. Itu pasti akan jadi atensi dan fokus dari porsinya mereka kan," ujar Awaluddin.

Dalam pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta, AP II berkolaborasi dengan Indonesia Investment Authority (INA).

Maka dari itu, ketika mengambil sebuah keputusan, perlu dikoordinasikan terlebih dahulu.

"Secara pembiayaan, peruntukan, pemanfaatan terminal itu kan sudah tergantung dengan proses kemitraan dan tidak bisa kita putuskan sendiri. Singkat cerita memang prosesnya sedang berjalan. Kolaborasi kita dengan Indonesia Investment Authority (INA)," kata Awaluddin.

Ia mengatakan, proses finalisasi FS ini dapat rampung dalam dua bulan mendatang atau pada Agustus 2023.

"Asumsi kami, kami punya waktu paling tidak memfinalisasi FS. Jadi FS ini kan sudah selesai, cuma kita masih pingin cari yang lebih optimal kan," ujar Awaluddin.

"Jadi itu mungkin sekitar dua bulan dari sekarang untuk additional info dan perbaikan FS yang sudah ada ini bisa didapatkan. Harus kita sampaikan dalam bentuk materi rencana itu ke INA," sambungnya.

Baca juga: Pesawat Sam Air Tergelincir Saat Mendarat di Bandara Pattimura Ambon

Sebelumnya, PT Angkasa Pura (AP) II tengah menyiapkan perencanaan pembangunan terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat