androidvodic.com

Menteri KKP: Hilirisasi Rumput Laut Dilakukan Serentak di 5 Wilayah, Ini Rinciannya - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjalankan strategi hilirisasi rumput laut secara bersamaan di lima wilayah.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, lima wilayah itu terletak di Wakatobi, Maluku Tenggara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Buleleng, dan Rote Ndao.

"Fokus kami dalam hilirisasi rumput laut di kelima wilayah ini sekarang, sebisa mungkin serentak," kata Menteri Trenggono kepada wartawan, di BUBK, Kebumen, Jawa Tengah, dikutip Selasa (27/6/2023).

Trenggono menyampaikan, nantinya hilirisasi rumput laut melalui proyek pencontohan (modelling). Hal itu dilakukan untuk mendorong nilai tambah komoditas rumput laut.

"Selama ini kita masih tradisional budidaya, dikeringkan, dan ekspor. Kita ingin modeling hulu hilir. Kultur jaringan, bibit, sampai harvesting," jelasnya.

Selain itu, Trenggono mengatakan, rumput laut merupakan satu dari lima komoditas unggulan yang menjadi fokus KKP yaitu udang, lobster, kepiting, dan tilapia.

"Sebetulnya ada 5 jenis yang bisa dikembangkan. Dan punya nilai komuni besar. Bisa untuk farmasi, makanan, pupuk dan pakan ikan, menggantikan tepung ikan, bisa untuk produk pengganti plastik, turunannya banyak," ungkapnya.

Sebelumnya, Trenggono mengatakan komoditas rumput laut memiliki banyak produk-produk turunan yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan nilai tambah.

"Pemerintah ingin kembangkan karena banyak sekali turunan dari rumput laut ini yang bisa kita kembangkan menjadi banyak sekali produk-produk turunannya, di antaranya adalah untuk pupuk kemudian pakan, dan makanan-makanan lain, farmasi, dan sebagainya, sekalian juga untuk bio fuel," ujar Menteri KKP usai ratas di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Jumat, (23/6/2023).

Baca juga: Hilirisasi Rumput Laut Digenjot di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Trenggono menuturkan, Presiden Jokowi menargetkan untuk membuat proyek percontohan (modelling) komoditas rumput laut di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Kita tadi ditargetkan oleh Bapak Presiden untuk dibuat satu modelling di beberapa wilayah ada lima lokasi di antaranya adalah Buleleng, kemudian Wakatobi, Maluku Tenggara, kemudian di Rote Ndao di NTT, dan juga di NTB," kata Menteri KKP.

Lebih lanjut, Trenggono mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi wilayah yang besar dalam upaya hilirisasi rumput laut yaitu sekitar 12 juta hektare.

Baca juga: Petani di Sulawesi Tenggara Keluhkan Harga Rumput Laut yang Naik Turun

"Potensi wilayah kita ada 10 lokasi yang jumlahnya kurang lebih sekitar 12 juta hektare, 12 juta hektare sangat besar. Sekarang ini baru 0,8 persen produksinya kira-kira sekitar 9 juta (ton)," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat