androidvodic.com

Bigmind 2024 Jadi Ajang Pencarian Inovasi di Bidang Eksplorasi - News

Laporan Wartawan News Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - Sebagai salah satu upaya dalam mencapai mandat Pemerintah pada pengelolaan sumber daya mineral, hilirisasi mineral, menjadi pemimpin pasar global dengan mengoptimalkan komoditas dan ekspansi bisnis pertambangan, MIND ID menggelar kompetisi inovasi BIGMIND 2024.

Kompetisi yang diadakan BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia ini mengusung tema Infinite Innovation, dengan penyelenggaraan roadshow perdana yang bertempat di Smart Green Learning Center (SGLC), Universitas Gadjah Mada Yogyakarta belum lama ini.

Dikemas dalam bentuk talk show bertajuk “Unveiling Innovation to Enhance Resources Discovery”, roadshow dibuka oleh Wakil Direktur Utama MIND ID, Dany Amrul Ichdan bersama dengan Wakil Dekan Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Fakultas Teknik UGM, Sugeng Sapto Surjono.

Baca juga: Perusahaan Anggota MIND ID Bangun Proyek Smelter untuk Dukung Hilirisasi Mineral

Sebagai narasumber pada acara ini adalah Senior Exploration Advisor MIND ID, Wahyu Sunyoto dan Client Partner - Industrial Sector di IBM Indonesia, Budiarso.

Dany Amrul Ichdan menuturkan kegiatan eksplorasi adalah kegiatan wajib (mandatory) perusahaan pertambangan dalam rangka meningkatkan valuasi perusahaan.

"Kompetisi inovasi seperti BIGMIND untuk menemukan terobosan yang dapat membuat proses bisnis kegiatan pertambangan menjadi lebih optimal, efisien dan efektif,” katanya, Senin (27/5/2024).

Dengan fokus pada keamanan dan efisiensi, inovasi di ranah eksplorasi, kata dia menjadi tonggak penting dalam mewujudkan masa depan pertambangan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Pada kesempatan ini, sebagai narasumber Wahyu Sunyoto memberikan materi dengan topik pembahasan “From Discovery to Inventory: Sustainable, Presistent and Long-Term Commitment are the Key Successses of Discovery Program and Mining Operation of PT Freeport Indonesia in Papua Province”.

Wahyu menjelaskan bahwa kegiatan eksplorasi merupakan investasi jangka panjang dan sustainability atau keberlanjutannya perlu dipastikan.

Kemajuan teknologi merupakan alat untuk membuat kegiatan eksplorasi lebih efektif dan efisien. Ore (bijih) yang berada di permukaan tanah sudah ditemukan semua.

“Tantangan geologist dan teknologi pada masa depan adalah menemukan sumber daya dan cadangan yang berada di dalam tanah.

Untuk itulah kompetisi inovasi seperti BIGMIND 2024 dapat menjadi ajang pencarian inovasi di bidang eksplorasi,” tuturnya.

Selain di Yogyakarta, roadshow BIGMIND 2024 juga akan diselenggarakan pada beberapa kota-kota besar lainnya, yakni Makassar pada 30 Mei 2024, Medan pada 14 Juni 2024 dan terakhir di Bandung pada 21 Juni 2024.

Dengan mengikuti roadshow, peserta akan dibekali pengetahuan operasional dan bisnis industri pertambangan sesuai dengan topik yang berbeda di setiap kota.

Pendaftaran karya inovasi dapat dilakukan melalui situs big.mind.id dan dibuka sampai tanggal 30 Juni 2024.

Tim yang hasil karyanya mampu menjawab tantangan industri dan mampu diimplementasikan di lingkungan Grup MIND ID nantinya mendapat berkesempatan meraih dana pengembangan dan program inkubasi senilai total ratusan juta rupiah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat