androidvodic.com

Perusahaan Anggota MIND ID Bangun Proyek Smelter untuk Dukung Hilirisasi Mineral - News

Laporan Wartawan News Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia atau Mind ID kian serius menunjukkan komitmennya mendukung program hilirisasi mineral kritis melalui pembangunan proyek-proyek smelter.

Inisiatif ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian Indonesia.

Sekretaris Perusahaan Mind ID , Heri Yusuf mengatakan, hilirisasi merupakan langkah strategis industri dalam mengolah bahan baku dari hulu ke hilir untuk menciptakan produk bernilai tambah tinggi.

Baca juga: PGN Pasok Gas Bumi ke Smelter Tembaga Terbesar di Dunia Milik Freeport Indonesia

“Kami menunaikan mandat pemerintah untuk program hilirisasi mineral kritis ini dan berharap sumber daya alam Indonesia tidak lagi dijual hanya sebagai bahan mentah, tetapi sudah dalam bentuk produk setengah jadi atau produk jadi, sehingga dapat meningkatkan potensi penerimaan negara,” ujarnya, Senin (20/5/2024).

Heri menyebut, di antara proyek hilirisasi yang dilakukan Mind ID adalah melalui anggota perusahaannya, PT Freeport Indonesia (PTFI). Melalui PT Smelting, PTFI membangun smelter tembaga di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Smelter ini merupakan bagian dari program percepatan hilirisasi tambang yang dicanangkan oleh pemerintah dan ditargetkan mulai beroperasi pada Juni 2024 dan akan mulai produksi pada Agustus 2024 dan mencapai kapasitas penuh pada akhir Desember 2024.

Melalui anggota perusahaannya, PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) enggarap Proyek Pembangunan Pabrik Feronikel Haltim (P3FH) di Halmahera Timur, Maluku Utara.

Pembangunan smelter feronikel tersebut masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) di sektor hilirisasi mineral kritis yang akan memiliki kapasitas produksi sebesar 13.500 ton nikel dalam feronikel (TNi).

Baca juga: Realisasi Investasi di Sektor Hilirisasi Kuartal I Capai Rp 75,8 Triliun, Smelter Nikel Mendominasi

Sedangkan ANTAM bersama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) juga tengah menyelesaikan proyek Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat dalam mengintegrasikan industri aluminium.

"SGAR di Mempawah merupakan tonggak penting mendukung integrasi industri aluminium dari hulu hingga hilir. Saat ini progres pembangunan SGAR Mempawah sudah mencapai 85 persen per Maret 2024.

Smelter ini akan memperkuat rantai pasokan antara mineral bijih bauksit dari PT Antam Tbk dengan pabrik peleburan aluminium milik PT Inalum di Kuala Tanjung, Sumatra Utara," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengumumkan 16 Proyek Strategis Nasional atau PSN bidang mineral kritis senilai Rp 248,75 triliun.

Adapun sejumlah PSN mineral kritis yang digagas pemerintah di antaranya berupa pabrik pengolahan dan pemurnian nikel menjadi feronikel, bauksit menjadi alumina, tembaga menjadi katoda tembaga, dan pasir besi menjadi pig iron.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat