androidvodic.com

PGN Pasok Gas Bumi ke Smelter Tembaga Terbesar di Dunia Milik Freeport Indonesia - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - PT Perusahaan Gas NegaraTbk atau PGN, mendukung program hilirisasi dengan menyalurkan gas bumi 9.49 BBTUD (billion british thermal unit per day) ke PT Freeport Indonesia, untuk keperluan operasional smelter tembaga di Gresik, Jawa Timur.

Adapun, smelter ini merupakan salah satu tempat pengolahan tembaga terbesar di dunia untuk saat ini.

Penyaluran gas bumi ke PT Freeport Indonesia ini merupakan kontrak jangka panjang yang diikat dalam Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG).

Baca juga: PGN Berangkatkan 1.020 Peserta Mudik Gratis dari Jakarta

PJBG ditandatangani oleh Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Rosa Permata Sari dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Clayton Allen Wenas.

Rosa mengatakan, PGN selaku Subholding Gas Pertamina akan menjaga performa layanan dalam menyediakan infrastruktur gas yang memadai dan ketahanan pasokan yang terjaga agar nilai lebih dari gas bumi dapat diserap pelanggan secara optimal.

“Subholding Gas pada prinsipnya selalu mendukung langkah Pemerintah guna mendukung kemajuan industri nasional. Kerja sama ini punya arti penting bagi kami karena PT Freeport Indonesia merupakan konsumen dengan penyerapan gas yang besar," ucap Rosa dalam keterangannya, Selasa (7/5/2024).

Gas bumi yang tersalur nanti akan diperuntukkan pada sektor smelter, acid plant dan PMR.

PGN yakin pemanfaatan gas bumi akan terus meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat untuk mulai beralih ke gas bumi sebagai energi transisi yang lebih ramah lingkungan.

Hal ini juga untuk mendukung komitmen Pemerintah yang mencanangkan Net Zero Emission pada 2060.

“Kami berterima kasih kepada PT Freeport Indonesia atas kepercayaan dan dukungan kepada PGN untuk memenuhi kebutuhan gas bumi," ungkap Rosa.

Baca juga: PGN Kolaborasi PIS Bangun Infrastruktur dan Pemanfaatan Energi Rendah Karbon

"Nilai lebih gas bumi yang lebih efisien dan ramah lingkungan, dapat mendukung PT Freeport Indonesia dalam menerapkan teknologi hemat energi serta wujud sinergi bersama dalam mengurangi emisi gas rumah kaca,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat