androidvodic.com

Luhut: Industri Asuransi Mampu Perkuat Ekonomi Nasional - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, keberlanjutan industri asuransi mampu memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

Hal itu dia sampaikan dalam acara Indonesia Re International Conference (IIC) 2023, di Jakarta Pusat, Selasa (4/7/2023).

"Keberlanjutan dari industri asuransi perlu diperkuat dari berbagai arah. Dengan memperkuat stabilitas keuangan dan juga memperkuat ketahanan ekonomi Indonesia," kata Luhut.

Baca juga: Kemenko Perekonomian: Industri Asuransi Jadi Pendongkrak Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Luhut mengatakan, asuransi perlu melakukan inovasi dalam mengembangkan produk yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Kata dia, industri asuransi juga harus bisa mengadopsi teknologi moderen seperti Artificial Intelligence, Data Analytics, dan digital platform yang bisa meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

"Perlu juga meningkatkan tata kelola khususnya dalam manajemen risiko yang dijalankan perusahaan," jelasnya.

Selain itu, peningkatan industri asuransi maupun reasuransi dinilai harus selaras dengan kekuatan literasi asuransi di sisi publik.

"Dilakukan secara periodik setiap bulan, aspek ini menjadi titik yang penting untuk dilakukan. Jika tidak, maka peningkatan asuransi tidak bisa didapatkan, kita perlu menginformasikan lebih banyak orang," tuturnya.

Baca juga: Bayar Token Listrik Melalui KB Bukopin Otomatis Dapat Proteksi Asuransi

Kata Luhut, hal tersebut mampu menumbuhkan tingkat keaktifan dari produk asuransi. Sehingga diharapkan menjamin stabilitas keuangan.

Adapun terkait peningkatan stabilitas keuangan, Luhut berujar industri asuransi perlu menekan tingkat risiko dari tantangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor hingga akhirnya menjamin kesejahteraan masyarakat.

"Dalam IIC 2023 ini, biarkan saya mengajak semuanya yang hadir untuk mempertegas komitmen kita untuk membangun kekuatan industri asuransi di Indonesia. Bersama-sama," tegasnya.

IIC 2023

Indonesia Re kembali meningkatkan komitmennya untuk memperkuat perannya sebagai center of knowledge industri asuransi di Indonesia dengan menyelenggarakan Indonesia Re International Conference 2023.

Melalui kegiatan internasional bertajuk Indonesia Re International Conference (IIC) 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 4-5 Juli 2023, Indonesia Re berinisiatif untuk membuka ruang diskusi mengenai terciptanya sustainability di industri asuransi dan reasuransi.

Dengan mengangkat tema besar reinsurance sustainability in macro economics and political year volatility, hari pertama IIC 2023 mendiskusikan tentang pentingnya keberlanjutan industri asuransi untuk memperkuat fondasi ekonomi Indonesia.

Direktur Utama Indonesia Re, Benny Waworuntu mengatakan, ketercapaian tujuan keberlanjutan pada sektor asuransi dapat terjadi jika keberlanjutan tersebut tercermin dalam semua elemen dalam ekosistem industri.

Baca juga: OJK Minta Pahami Asuransi Bukan Tabungan Beserta Penjelasannya

Reasuransi, kata Benny, sebagai pemberi kapasitas tambahan bagi perusahaan asuransi, memainkan peran yang sangat penting dalam hal ini.

"Dengan menyediakan platform untuk membahas alternatif solusi dalam menghadapi tantangan bisnis di masa depan di industri perasuransian, Indonesia Re berupaya berkontribusi dalam membantu sektor perasuransian untuk membentuk kerangka keberlanjutan bagi perusahaan asuransi. Tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran sektor reasuransi dalam menghadapi tantangan ekonomi global dan nasional,” ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat