androidvodic.com

Indonesia Jadi Negara Berpendapatan Menengah Atas, Analis Beberkan Faktor Pendorongnya - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda

News, JAKARTA -- Gross National Income (GNI) perkapita Indonesia, berdasarkan rilis Bank Dunia menunjukan naik sebesar 9,8 persen menjadi 4.580 dolar Amerika Serikat (AS) di 2022, dibandingkan pada 2021 yang hanya 4.170 dolar AS.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, pencapaian ini tentunya membuat Indonesia kembali berada di kelompok negara berpendapatan menengah atas atau Upper Middle-Income Country (UMIC).

Baca juga: Hong Kong Pusat Ekonomi Asia, Pembentukkan Indonesia Incorporated Dinilai Strategis

"Ini sesuatu yang perlu diapresiasi mengingat ditengah ketidakpasatian global dan juga acaman Covid-19 di tahun lalu, Indonesia berhasil mencatatkan kenaikan GNI," ujar dia melalui risetnya, Rabu (5/7/2023).

Menurut dia, keberhasilan ini tidak terlepas peran pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 di tahun lalu dan juga menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional.

Kemudian dengan masuknya berpendapatan menengah atas, hal ini mengindikasi bahwa proses pemulihan ekonomi terus terjaga.

Selain itu, juga daya konsumsi masyarakat kembali pulih yang tentu saja hal ini akan menjaga perekonomian di tengah ketidakpastian yang masih terjadi pada tahun ini.

"Saat ini, kami melihat konsumsi yang kuat masih menjadi salah satu daya tahun Indonesia, ditopang oleh terjaganya iklim dunia bisnis dan investasi," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat