androidvodic.com

Prediksi Roatex, Tidak Ada Kenaikan Tarif Tol Saat Uji Coba MLFF - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - PT Roatex Toll System (RITS) menyatakan, rencana uji sistem pembayaran tol tanpa henti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) diprediksi tidak akan berdampak terhadap kenaikan tarif tol.

Direktur Utama PT RITS, Attila Keszeg mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menemukan pengaruh kenaikan tarif tol terhadap operasional MLFF ini. Justru, dia melihat bakal ada keuntungan bagi operator.

"Saat ini saya tidak melihat indikasi akan mempengaruhi harga per kilometer. Menurut saya ini malah akan memberikan cost saving keuntungan bagi operator," kata Attila saat Konferensi Pers di Kedubes Hungaria, Jakarta, Senin (10/7/2023).

Attila menegaskan, persoalan tarif tol bukan wewenang PT RITS tapi kewenangan pemerintah.

"Saya juga mau tahu itu (harganya), karena penentuan harga bukan wewenang kami. Kami hanya penyedia sistem. Kita hanya menyediakan teknologi," jelasnya.

Di sisi lain, Chief Operating Officer PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Agung Pramono menyampaikan, operasional bayar tol tanpa henti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) bakal menggunakan 400 gantry.

Agung menjelaskan, saat ini untuk sistem bayar tol tanpa henti baru di pasang pada dua gantry yakni Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol Cimanggis arah Ciawi.

"Ini memang belum ready 100 persen. Jadi kita masih proses development lalu mesin learning kita masih belajar. Tapi kita sudah memasang, ini adalah map dari total gentry yang dipasang sekarang. Kita ada 2 gentry, 128 dan 208 dan juga kita ada MCU," kata Agung di Kantor Roatex, Rabu (5/7/2023).

Baca juga: Skema Bayar Tol Nirsentuh Batal Diujicoba Pada Juni Lalu, Roatex: Segera Terealisasi Tahun Ini

Agung menyatakan, Roatex sendiri telah memiliki desain yang sudah disetujui oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk operasional MLFF di 400 gantry tol di seluruh Indonesia.

"Desain kita sudah dapatkan, desain approval kita sudah dapatkan dari BPJT, kita akan speed up secepat mungkin tentang implementasi secara massal," jelas dia.

Sementara itu, Roatex Indonesia telah menyiapkan control center sebagai bagian dari progres implementasi pengembangan Multi Lane Free Flow (MLFF) atau pembayaran tol nir sentuh.

Baca juga: Operasional MLFF Akan Gunakan 400 Gantry, Roatex Indonesia: 2 Sudah Terpasang

Pembangunan control center ini merupakan bagian penting dalam atau sistem pembayaran tol Multi-Lane Free Flow (MLFF) atau sistem pembayaran tol nir sentuh.

"Di Control Center ini kami akan menunjukkan bagaimana sistem MLFF bekerja dan bagaimana setiap kendaraan yang masuk dan keluar melewati ruas toll dapat dimonitor sehingga memastikan terjadinya pembayaran tol secara akurat," ujar Direktur Utama PT RITS, Attila Keszeg.

Attila menjelaskan, control center ini digunakan sesuai dengan sistem MLFF yang mengadopsi teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dimana transaksi MLFF ini nantinya melalui aplikasi smartphone dan terdeteksi via satelit.

Baca juga: Masa Transisi MLFF Berlaku Juni, PUPR: Masih Gunakan Gardu Tol

Dia menambahkan, keakuratan sistem MLFF ini juga didukung penggunaan sejumlah kamera di ruas-ruas tol dan Mobile Control Unit (MCU) atau unit kontrol bergerak yang tersebar secara random yang terhubung ke Control Center.

"Keberadaan kamera dan MCU yang terkoneksi ke Control Center sangat mendukung kinerja sistem MLFF hingga 100 persen, sehingga dapat memastikan setiap mobil yang melewati ruas tol dapat terpantau langsung," ujar Attila.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat