androidvodic.com

Ganti Rugi Tanah PSN Jalan Tol Semarang-Demak, Ganjar Pranowo: Kita Sudah Sosialisasikan Pagi Ini - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tengah melakukan sosialisasi terhadap ganti rugi tanah musnah pada Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Semarang-Demak.

"Pagi ini untuk Tol Semarang-Demak, lagi ada sosialisasi. Karena ada beberapa lahan masuk kategori tanah musnah dan sekarang sedang kita sosialisasikan," kata Ganjar saat Konferensi Pers di Kantor Kemenko Perekonomian, Senin (17/7/2023).

Baca juga: Nezar Patria Dilantik Jadi Wakil Menkominfo, Total Harta Kekayaannya Capai Rp 10,8 Miliar

Ganjar mengatakan, sosialisasi ganti rugi itu ditujukan untuk masyarakat agar terlindungi khususnya di bagi yang tinggal di Kota Semarang dan Demak.

"Sehingga cara ganti rugi atau sebutan ganti untung itu, betul-betul masyarakat bisa terlindungi untuk yang ada di kawasan Kota Semarang dan Demak," jelasnya.

Adapun terkait fungsi PSN Jalan Tol Semarang-Demak sebagai tanggul atau seawall, Ganjar berujar Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bakal mengintegrasikannya.

"Dan sekaligus kita mencoba mengintegrasikan seperti Menko sampaikan, ini semacam tanggul seawall yang secara bagian per bagian mulai di selesaikan," ungkapnya.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, Proyek Strategis Nasional (PSN) jalan Tol Semarang - Demak disebut tengah beroperasi sebagian.

Menurut Menko Airlangga, selain berfungsi sebagai jalan Tol Semarang - Demak, PSN tersebut juga bisa berfungsi menjadi tanggul untuk menahan abrasi pantai.

"Jadi selain sebagai jalan tol, itu menjadi tanggul. Ini menjadi model, dimana model ini bisa dilanjutkan tidak hanya di Semarang tetapi itu bisa ditarik bahkan sampai di Pantai Utara Jawa," kata Menko Airlangga.

Menko Airlangga mengatakan, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ketinggian rob di Pantai Utara Jawa hampir mencapai 200 cm.

Kata dia, hal itu menjadi tantangan kedepan sejak awal abrasi Pantura, rob tahunan hingga banjir hulu.

"Oleh karena itu salah satu PSN menjadi penting yang tadi dibahas secara khusus yaitu Tol Semarang-Demak yang berfungsi sebagai tanggul di pantai laut," jelasnya.

Di sisi lain, Menko Airlangga mengatakan, pembangunan tanggul laut (seawall) ini menjadi salah satu opsi jangka panjang setelah PSN ini berlangsung.

"Mungkin kita bisa membangun bendung itu kalau itu bisa terbangun, ini tentu proyek kedepan," ujar dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat