androidvodic.com

Investasi Rp5 Triliun, Anak Usaha Grup Volkswagen Bangun Pabrik Sel Baterai Kendaraan Listrik - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News - Seat yang merupakan anak usaha Grup Volkswagen akan membangun pabrik perakitan sel baterai baru di Martorell, Spanyol.

Perusahaan menginvestasikan 337 dolar AS atau setara Rp 5 triliun untuk pabrik yang akan dibangun di atas lahan seluas 64.000 meter persegi.

Jika sudah beroperasi, diperkirakan pabrik tersebut akan menciptakan lebih dari 400 lapangan pekerjaan langsung dan 10 pekerjaan tidak langsung.

Baca juga: Hyundai Kucurkan Rp22,7 Triliun Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Pabrik baru tersebut akan digunakan untuk merakit sel PowerCo yang akan diproduksi di gigafactory di Sagunto, Valencia.

Seat President Wayne Griffiths, mengatakan pabrik baterai akan terhubung ke Workshop 10, situs perusahaan yang akan memproduksi berbagai kendaraan listrik untuk Grup Volkswagen, termasuk Cupra Raval yang akan datang.

"Konstruksi akan dimulai dalam beberapa minggu mendatang dan dijadwalkan selesai pada 2025. Fasilitas ini sangat mendasar bagi perusahaan kami dan juga akan memberikan dorongan untuk mendapatkan platform kedua di Martorell. Ini adalah momen penting bagi industri kami. Seat S.A. dan Grup Volkswagen memberikan sumber daya utama untuk mencapai mobilitas yang berkelanjutan dan untuk terus memajukan ambisi kami untuk mengubah Spanyol menjadi pusat mobilitas listrik di Eropa," tutur Griffiths dikutip dari Carscoops.

Pengumuman pabrik baterai baru ini datang hanya tiga bulan setelah Griffiths mengungkapkan bahwa perusahaan saat ini fokus pada elektrifikasi merek Cupra dan untuk merek Seat akan terus memproduksi mobil berbahan bakar minyak.

Griffiths yang juga CEO Cupra, menyebut perusahaan tidak dapat membuat kedua merek sekaligus menjadi EV, artinya Seat tidak merencanakan peluncuran EV hingga setidaknya 2026.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat