androidvodic.com

Portugal Dukung Negosiasi Indonesia-EU CEPA Dipercepat - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

News, JAKARTA - Portugal mendukung upaya Indonesia agar negosiasi perjanjian perdagangan Indonesia-EU CEPA dipercepat di tengah adanya polemik dalam Peraturan Deforestasi Uni Eropa (EUDR).

Menteri Luar Negeri Portugal Joao Gomes Cravinho menilai kesepakatan Indonesia-EU CEPA sangat penting bagi hubungan ekonomi, perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Uni Eropa.

Menurutnya, perjanjian ini juga sangat penting untuk membantu membentuk ekonomi global yang terus berubah.

"Saya juga ingin menegaskan dukungan kuat kami terhadap Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Uni Eropa dan Indonesia," kata Cravinho dalam konferensi pers usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno Marsudi di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (24/7/2023).

Menlu Portugal mengatakan, perjanjian Indonesia-EU CEPA lebih dari sekadar perjanjian perdagangan, dimana perjanjian ini juga memiliki konsekuensi politik yang strategis bagi kedua belah pihak.

"Ini adalah perjanjian kemitraan ekonomi, tetapi juga perjanjian yang memiliki konsekuensi politik dan strategis, yang saya yakin sangat menarik untuk kedua belah pihak," ujarnya.

Sebelumnya Menlu Retno Marsudi menyampaikan keprihatinan pada sejumlah kebijakan diskriminatif yang diambil oleh UE termasuk Peraturan Deforestasi Uni Eropa (EUDR).

Kebijakan ini juga berkaitan dengan pembatasan impor minyak kelapa sawit dari negara-negara di Asia, termasuk Indonesia. Padahal impor minyak sawit Indonesia oleh Portugal dari Indonesia meningkat sebesar 77 persen dari tahun 2019 hingga 2022.

Baca juga: Kecil-kecil Cabai Rawit, Investasi Portugal di Indonesia Tumbuh 2.000 Persen dalam 3 Tahun

Sedangkan investasi Portugal di Indonesia tumbuh signifikan mencapai rekor tertinggi sebesar 2.000 persen dari 2019 hingga 2022. "Kami memiliki pandangan yang sama tentang pentingnya mempercepat penyelesaian negosiasi CEPA Indonesia-UE," kata Retno Marsudi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat