androidvodic.com

Pembahasan Roadmap ODOL Diminta Juga Memperhatikan Persoalan Jembatan Timbang - News

Laporan Wartawan News Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - Jembatan timbang merupakan salah satu permasalahan yang perlu masuk dalam bahasan roadmap Zero Over dimension Overloaded (ODOL).

Kesiapan infrastuktur tersebut menjadi poin penting dalam penerapan Zero ODOL yang baik dan benar.

Permasalahan klasik yang kerap menghantui persoalan terkait ODOL adalah pungutan liar di jembatan timbang.

Hasil Kajian Zero ODOL-Membangun Kebijakan Transportasi Darat yang Efektif di Indonesia yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada, mendapati sejumlah masalah yang dimliki jembatan timbang. Diantaranya adalah geometrik akses jembatan dan kapasitas alat timbang terbatas.

Baca juga: Penerapan Zero ODOL Dinilai Bisa Jadi Solusi untuk Mengatasi Jalan Rusak

Masalah lainnya adalah ketersediaan gudang bagi truk-truk obesitas untuk menyimpan barang bawaan mereka apabila menyalahi aturan. Persoalannya, jika ternyata muatannya adalah barang yang mudah busuk atau berumur pendek maka harus ada tempat penyimpanan yang memadai agar tidak terjadi kerugian.

Kalaupun berumur panjang, kapasitas penyimpanan gudang juga akan tetap menjadi masalah belum tentu logistik yang ditinggalkan akan diambil oleh pemilik barang. Belum lagi pungli yang merugikan para sopir truk dan hingga kini sejumlah masalah itu masih belum menemukan solusi.

Sebagian jembatan timbang di daerah saat ini juga belum sepenuhnya beroperasi atau bahkan ada yang terbengkalai. Berdasarkan data 2021, jembatan timbang yang beroperasi hanya sekitar 88 dari total 134 yang ada.

Masalah yang ada tampaknya membuat para sopir truk enggan masuk ke jembatan timbang.

Keresahan akan jembatan timbang juga telah disampaikan para anggota Komisi V DPR RI.

Para legislator menyinggung ketidaksiapan infrastruktur di tengah niatan pemerintah untuk menerapkan kebijakan Zero ODOL.

Legislator fraksi Gerindra, Eddy Santana menyoroti ketersediaan gudang penyimpanan di jembatan timbang. Dia mengatakan, para sopir angkutan logistik akan kesulitan apabila diharuskan membongkar muatan tanpa disediakan gudang penyimpan.

"Kalau lebih muatan, itu kan perlu gudang untuk penyimpanannya. Dan gudang-gudang itu saya lihat belum tersedia di jembatan-jembatan timbang kita," katanya.

Baca juga: Roadmap Zero ODOL Diminta Dapat Akomodir Kepentingan Semua Pihak

Anggota DPR fraksi PAN, Bakri mengatakan, soal ODOL ini ada jembatan timbang yang penuh dengan masalah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat