androidvodic.com

Buka Pasar dan Cari Investor, UMKM Didorong Manfaatkan Teknologi Digital - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda

News, JAKARTA - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Ketum Dekranas) Wury Maruf Amin menyampaikan perlu ada upaya mendorong optimisme UMKM untuk berkarya dengan mengedepankan kreativitas serta memanfaatkan teknologi digital.

Di mana, teknologi digital perlu dalam menciptakan nilai tambah dan meningkatkan akses pasar terutama dalam menghadapi era digitalisasi saat ini.

Sebab, usaha yang mampu beradaptasi dengan perubahan dan teknologi baru akan lebih siap menghadapi tantangan di masa depan.

Baca juga: Wury Maruf Amin: UMKM Berkontribusi Siginifikan Ciptakan Lapangan Kerja dan Pendapatan

Termasuk UMKM dapat menjadi lebih tangguh dalam menghadapi dinamika pasar dan perubahan lingkungan bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital dan kreativitas.

"UMKM dapat terhubung dengan para pelaku bisnis atau mitra kerja, penyedia bahan baku atau bahkan investor potensial dengan lebih mudah melalui teknologi digital," ujarnya dalam seremoni pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2023 di Jakarta, Kamis (27/7/2023).

Menurut Wury, teknologi digital juga dapat memperluas pengetahuan, pengalaman, dan dukungan serta membuka pintu bagi kesempatan usaha lebih besar untuk UMKM.

Kemudian, satu di antara upaya yang juga bisa dilakukan untuk mendorong pertumbuhan UMKM adalah dengan meningkatkan kecintaan dan kebanggaan menggunakan produk UMKM dalam negeri.

"Dengan mencintai dan menggunakan produk-produk UMKM, kita turut berkontribusi dalam memperkuat daya saing mereka, memperluas jangkauan pasar, serta membantu menciptakan lingkungan ekonomi yang inklusif melalui gerakan nasional bangga buatan Indonesia," katanya.

Dia menambahkan, pemangku kepentingan dapat mendorong semangat gotong royong dan nasionalisme, sehingga produk-produk UMKM lokal menjadi pilihan masyarakat.

Di samping itu, adanya gerakan bangga berwisata di Indonesia juga dapat menjadi salah satu katalisator untuk penciptaan pasar produk UMKM yang lebih luas lagi.

"Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar memberikan dukungan dan apresiasi kepada UMKM lokal. Kita dapat turut berkontribusi dalam membangun perekonomian yang lebih inklusif dan berkelanjutan dengan memilih membeli menggunakan mendukung produk-produk UMKM dalam negeri," pungkas Wury.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat