androidvodic.com

India Setujui Tawaran AMD Untuk Bangun Pabrik Chip Senilai 400 Juta Dolar AS - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, NEW DELHI – Perdana Menteri India Narendra Modi setujui tawaran investasi dari AMD untuk bangun pabrik chip dan pusat manufaktur di kota Bengaluru, India selama lima tahun kedepan tepatnya hingga 2028.

“AMD berencana untuk berinvestasi di India selama lima tahun ke depan dan mendirikan pusat desain terbesarnya di kota Bengaluru di bagian selatan negara,” kata menteri elektronik dan teknologi informasi India Ashwini Vaishnaw.

Dengan mengguyurkan dana investasi senilai 400 juta dolar AS, rencananya perusahaan semikonduktor yang berbasis di Santa Clara, California ini akan membangun pabrik perakitan chip dan pusat manufaktur diatas tanah seluas 500.000 kaki persegi.

Baca juga: Respon ChatGPT OpenAI, Samsung akan Produksi Chip Seluler Tercanggih di 2025

Tak hanya itu lewat kontrak kerjasama investasi AMD juga turut mendirikan 10 fasilitas kantor di India termasuk di wilayah Delhi, Gurugram, Hyderabad dan Mumbai.

“Kami menyambut baik rencana AMD, melalui investasi ini AMD akan mendorong inovasi desain semikonduktor kami sesuai misi PM Modi yang ingin menjadikan India sebagai pusat semikonduktor yang kuat,” tambah Vaishnaw.

PM Modi tebar insentif

Dipilihnya india sebagai pusat perakitan chip AMD bukan tanpa alasan, produsen semikonduktor asal Amerika ini menilai bahwa India tepat dijadikan sebagai pusat produksi chip dan manufaktur di masa depan lantaran mempunyai sumber daya manusia yang sangat terampil di bidang IT dan Teknik.

Tak hanya itu India juga menawarkan biaya tenaga kerja dan produksi yang lebih rendah dibandingkan beberapa negara lain, alasan tersebut yang kemudian mendorong AMD untuk kepincut menjajaki investasi di India.

Tak tanggung – tanggung untuk memikat para investor PM Modi pada 2021 lalu mengesahkan program insentif senilai 10 miliar dolar AS untuk menarik pembuat chip agar mendirikan fasilitas lokal di negara Bollywood itu.

Meski saat ini program investasi telah mengalami sedikit perubahan. Namun hal tersebut tak membuat para investor mundur dari kemitraannya di India.

Baca juga: AMD Sebut Amazon Web Service Berencana Gunakan Chip Baru Berbasis Kecerdasan Buatan

Justru negara Bollywood it terus kebanjiran investasi produksi chip, salah satunya dari produsen chip kondang Amerika Micron Technology yang bulan lalu mulai menjalin kerjasama dengan pemerintah India untuk membangun fasilitas pabrik kemasan chip.

Dengan adanya kerjasama investasi ini PM Modi berharap agar negaranya bisa menjadi pusat industri semikonduktor global dan menjadi pemasok chip utama bagi dunia

.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat