androidvodic.com

Dorong Perusahaan Indonesia Ekspansi ke Pasar Global, SMI dan LPEI Sinergi Terbitkan Bank Garansi - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) menjalin kerja sama strategis terkait Penerbitan Bank Garansi.

Direktur Pelaksana Bidang Pengembangan Bisnis LPEI Maqin U Norhadi mengatakan, kerja sama ini merupakan kolaborasi antar Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan yang bertujuan untuk mendorong perusahaan-perusahaan Indonesia semakin percaya diri melakukan ekspansi ke pasar luar negeri.

Baca juga: Perkuat Bidang Investasi dan Keuangan, LPEI Jalin Kerja Sama dengan Mexim

“Kerja sama ini memperkuat komitmen kami dalam mendorong perusahaan-perusahaan infrastruktur Indonesia untuk melakukan ekspansi ke pasar global baik dari segi dukungan pembiayaan maupun Penjaminan salah satunya dalam bentuk Bank Garansi," ujar Maqin ditulis Kamis (3/8/2023).

Direktur Operasional dan Keuangan PT SMI Darwin Tisna Djajawinata menyampaikan, sinergi ini akan memperkuat hubungan dan kerja sama antar kedua belah pihak khususnya dalam ruang lingkup penerbitan Bank Garansi yang ditujukan kepada nasabah atau debitur PT SMI yang eligible.

Baca juga: LPEI Lepas Ekspor 19,2 Ton Komoditas Kopi Robusta ke Mesir

Dalam bidang pembiayaan dan investasi, PT SMI menyediakan berbagai produk dan layanan untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur, salah satunya fasilitas pembiayaan non-cash melalui kerja sama dengan lembaga penerbit fasilitas pembiayaan non-cash.

Dalam hal ini, perseroan bekerja sama dengan perbankan atau lembaga keuangan yang akan bertindak sebagai penerbit (issuer) instrumen pembiayaan non-cash, diantaranya dalam bentuk penerbitan Bank Garansi.

Baca juga: LPEI Dorong Pelaku UMKM Dapat Bersaing di Pasar Global

Penandatanganan ini merupakan wujud konkrit dukungan LPEI kepada kepada para pelaku usaha Indonesia yang diberikan melalui PT SMI dalam bentuk Penjaminan dengan skema kontra garansi dalam rangka mendukung pelaku usaha Indonesia melaksanakan proyek infrastruktur yang menunjang kegiatan ekspor.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat