androidvodic.com

Presiden Rusia Vladimir Putin Dipastikan Tak Hadir di KTT G20 India September Nanti - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, MOSKWA – Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan tidak akan ikut ambil bagian dalam Konferensi Tingkat Tinggi Kelompok 20 atau KTT G20 yang akan berlangsung di New Delhi, India bulan depan.

Putin rencananya akan mengutus Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov untuk menghadiri KTT G20 mendatang.

“Saya tidak akan hadir di India bulan depan, tetapi mewakilkan menteri luar negeri untuk ambil bagian di sana,” kata Putin dalam panggilan telepon dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi, Senin (28/8/2023).

Baca juga: Vladimir Putin Tak Bakal Hadiri KTT G20 di India, Gegara Surat Penangkapan ICC Lagi?

Kedua pemimpin juga berbicara tentang rencana perluasan kelompok negara-negara berkembang BRICS, yang terdiri dari India, Rusia, China, Brasil, dan Afrika Selatan serta pertemuan puncak negara-negara ekonomi besar G20 yang akan diselenggarakan di New Delhi bulan depan.

Pekan lalu, Modi dan Putin sama-sama ambil bagian dalam KTT BRICS di Afrika Selatan, meskipun pemimpin Rusia tersebut hanya hadir melalui tautan video karena ada surat perintah penangkapan dari Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) atas tuduhan kejahatan perang di Ukraina.

“Sambil menyatakan pemahaman atas keputusan Rusia, PM Modi berterima kasih kepada Presiden Putin atas dukungan konsisten Rusia terhadap semua inisiatif di bawah Kepresidenan G20 India,” kata pemerintah India.

Terlepas dari itu, Rusia mengatakan pihaknya akan terus berupaya untuk lebih memperkuat hubungan hangat dengan India setelah invasi mereka ke Ukraina pada Februari 2022 yang memicu sanksi besar-besaran Barat terhadap Moskow.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat