androidvodic.com

Ruas Tol Indralaya - Prabumulih Dibuka Hari Ini, Tarif Gratis Berlaku untuk Semua Golongan - News

News – Ruas jalan tol Indralaya - Prabumulih sepanjang 64,5 km resmi dioperasikan mulai hari ini, Rabu (30/8/2023).

Hal itu disampaikan langsung oleh pengembang jalan tol Indralaya - Prabumulih yakni Hutama Karya dalam unggahan di akun Instagramnya.

"Jalan tol Indralaya - Prabumulih akan resmi dioperasikan tanpa tarif besok, pukul 08.00 WIB nih. Buat kalian yang ingin melintas, jangan lupa tetap siapkan kartu uang elektronik untuk tapping kartu yaa!," ujar akun @hktolindonesia.

Adapun pengoperasian jalan tol Indralaya - Prabumulih dilakukan sesuai Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang didapatkan pada 7 Juli 2023 lalu.

Serta Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 872/KPTS/M/2023.

Tarif Gratis

Untuk saat ini pengguna yang melintasi jalan tol Indralaya - Prabumulih tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis.

Meskipun pengoperasian jalan tol Indralaya - Prabumulih belum dikenakan tarif, namun pengendara yang hendak melintas tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik.

“Digratiskannya pengguna tol yang melintas di Simpang Indralaya - Prabumulih sebagai bentuk sosialisasi kepada Masyarakat,” jelas Executive Vice President (EVP) Divisi Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya Tjahjo Purnomo

Lebih lanjut usai masa uji coba selesai dilakukan. Rencananya pengguna yang melintasi jalan tol Indralaya Prabumulih akan dikenakan tarif dengan estimasi sekitar Rp1.338 per km.

Namun pemberlakuan tarif tersebut baru akan disahkan setelah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengeluarkan surat keputusan.

Sebagai informasi, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih merupakan salah satu ruas jalan tol Trans - Sumatera (JTTS).

Jalan tol IndralayaPrabumulih yang menghubungkan Palembang menuju Prabumulih sebelumnya telah difungsionalkan secara khusus pada momen Lebaran tahun 2023.

Namun melihat antusiasme Masyarakat yang meningkat, dengan rekapitulasi kendaraan yang melintas mencapai lebih dari 43.000 unit saat arus mudik, pengoperasian jalan tol Indralaya - Prabumulih akhirnya kembali dibuka.

Untuk memanjakan pengguna jalan, tol ini turut dilengkapi dengan 2 simpang susun, 8 overpass, 18 jembatan, 10 box underpass, 2 box overpass, 22 box pedestrian, 1 gerbang tol, dan 1 pasang rest area tipe A.

Dengan hadirnya tol Indralaya - Prabumulih, kini waktu tempuh dari Palembang menuju Prabumulih hanya memakan waktu sekitar 1 jam.

Lebih singkat ketimbang menggunakan jalan arteri yang dapat menghabiskan waktu mencapai 2 jam perjalanan.

(News/Namira Yunia Lestanti)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat