androidvodic.com

Penerbangan dari China ke Bali Meningkat, Jumlah Kunjungan Wisman Tembus 1 Juta pada Juli 2023 - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tercatat sebesar 1,12 juta kunjungan pada Juli 2023.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini mengatakan, jika dibandingkan dengan Juni 2023, angka tersebut naik 5,6 persen.

Sementara jika dibandingkan Juli 2022, angka tersebut melesat 74,7 persen.

Baca juga: Turis Indonesia ke Jepang Beli Pakaian Re-make Bahan Karung Tepung Terigu

"Jumlah kunjungan wisman (wisatawan mancanegara) ke Indonesia pada Juli 2023 adalah 1,12 juta kunjungan atau naik 5,6 persen secara month to month, dan naik 74,07 persen secara tahunan," ungkap Pudji saat melaporkan data Inflasi Agustus 2023, Jumat (1/9/2023).

Ia membeberkan sejumlah faktor yang membuat catatan kunjungan wisman ke Indonesia meningkat.

Mulai dari banyaknya event-event internasional yang terselenggara di Indonesia, hingga mulai tingginya intensitas penerbangan dari China ke Tanah Air, khususnya ke Bali.

"Peningkatan kunjungan wisman di bulan Juli 2023 disebabkan banyaknya event-event internasional yang diadakan di sejumlah wilayah seperti Bali dan Jakarta, serta adanya peningkatan frekuensi penerbangan langsung dari China ke Bali," ucap Pudji.

"Memang diberbagai pemberitaan ada penambahan frekuensi penerbangan dari China ke Bali. Tentunya juga bersamaan dengan adanya liburan musim panas khususnya negara Eropa," sambungnya.

Berdasarkan catatan BPS, jumlah wisman dari China ke Indonesia khusus pada Juli 2023 sekitar 85 ribu kunjungan.

Baca juga: Pasangan Turis Asal Amerika Mabuk Ditemukan Tidur di Atas Menara Eiffel

Urutan jumlah kunjungan wisman berdasarkan kebangsaan, pada posisi pertama ditempati oleh Malaysia dengan jumlah kunjungan 156 ribu.

Kemudian, tempat kedua ada Australia sebanyak 143 ribu kunjungan, selanjutnya Singapura dengan 109 ribu kunjungan, dan baru lah ditempati China di posisi keempat.

"Secara kumulatif (dari Januari 2023) hingga Juli 2023, jumlah kunjungan wisman ke tanah air mencapai 6,31 juta kunjungan. Jumlah Kunjungan ini meningkat 196,85 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun lalu," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat