androidvodic.com

Menparekraf Sandiaga Uno: Indonesia Bisa Jadi Pusat Ekonomi Kreatif Dunia - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendukung upaya program pemberdayaan UMKM PT HM Sampoerna Tbk., yaitu Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) dalam mendampingi khususnya pelaku ekonomi kreatif.

Menurutnya, upaya SETC, yang bekerja sama dengan mitra tanggung jawab sosial perusahaan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK), telah membuka ruang inovasi dan kreativitas serta memotivasi pelaku UMKM untuk terus berkembang.

Sandiaga melanjutkan dirinya selalu mendorong semangat 3G yakni gerak cepat, gerak maju bersama dan gas poll atau berani menggarap semua potensi yang ada.

Baca juga: Dorong Pengembangan UMKM, Relawan Sandi Uno Gelar Pelatihan Pembuatan Tahu Tanpa Pengawet di Klaten

"Indonesia bisa menjadi pusat ekonomi kreatif dunia," katanya dalam sambutan pada kegiatan Menuju Kota Serang Kreatif dikutip Selasa (5/9/2023).

SETC dan Inotek telah meluncurkan program UMKM untuk Indonesia (UUI) untuk transformasi digital pada Maret 2023.

Program ini bertujuan mengakselerasi pengembangan UMKM di Provinsi DKI Jakarta dan Banten melalui penguatan kapasitas dalam pemasaran digital sehingga mereka dapat meningkatkan daya saing

"Kami berterima kasih kepada Sampoerna dan INOTEK yang membuka ruang inovasi pelaku UMKM dan sekaligus memotivasi kita semua," katanya.

Sandiaga menyebutkan seiring dengan tingginya pengguna internet di Tanah Air, pelaku UMKM butuh literasi digital untuk mengembangkan usahanya.

Pemerintah, katanya, selalu berupaya memfasilitasi, tetapi aktor utama adalah masyarakat dan pelaku UMKM itu sendiri.

Untuk itu, Sandiaga memuji kehadiran SETC untuk mendukung dan mendampingi pelaku UMKM di Kota Serang.

Baca juga: Gandeng UMKM, Pasar Custom Gift Dilakukan Perluasan ke Perusahaan

"Saya pernah ke SETC di Pasuruan, lokasinya luas sekali dan kami sedang menjajaki kerja sama dengan HM Sampoerna," katanya.

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat, mengatakan bahwa Sampoerna berkomitmen mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia, termasuk melalui transformasi digital.

“Melalui Payung Program Keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia, kami senantiasa mendukung sektor UMKM untuk terus bertumbuh sebagai salah satu penggerak utama perekonomian nasional,” kata Ishak.

Sejak dimulai pada 2007, program SETC telah memberikan pelatihan kewirausahaan kepada lebih dari 67.000 peserta di Indonesia, baik secara daring maupun luring.

Program UUI untuk Transformasi Digital merupakan salah satu dari berbagai pelatihan dan pendampingan UMKM yang telah dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan SETC selama 16 tahun terakhir bagi UMKM di berbagai wilayah di Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Lebak pun mengapresiasi kerja sama SETC dan INOTEK karena tidak hanya mendampingi, tetapi juga membina pelaku UMKM.

Kolaborasi serupa diharapkan terus dilakukan ke depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat