androidvodic.com

Jajal KCJB Berkecepatan 350 KM/Jam Bareng Jokowi, Erick Thohir: Berangkat Sampai Bandung Masih Pagi - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), pada l Rabu, (13/9/2023). Jokowi menjajal kereta cepat pertama di ASEAN tersebut dari Stasiun Halim, Jakarta menuju Stasiun Padalarang Bandung.

Salah satu Menteri yang turut mendampingi uji coba bersama Presiden adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Hal ini terlihat diungkapkan Erick dalam akun instagram pribadinya @erickthohir pada Rabu, (13/9/2023).

Baca juga: Progres Pengerjaan Proyek KCJB Berajalan Mulus, Erick Thohir Sebut Siap Beroperasi

"Menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung bersama Bapak Presiden Joko Widodo beserta rombongan," jelas Erick dalam postingannya dikutip.

Kereta Cepat relasi Jakarta-Bandung adalah layanan KA Cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang akan beroperasi dengan kecepatan hingga 350 kilometer per jam.

Keteta Cepat relasi Jakarta-Bandung memiliki jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan dan akan melayani 4 Stasiun yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Erick mengungkapkan, meski beroperasi dengan kecepatan tinggi, namun kondisi di dalam gerbong tetap terasa aman dan nyaman.

"Walaupun kecepatan kereta mencapai 351 km/jam, di dalam rasanya tetap nyaman dan aman," papar Erick.

"Berangkat pagi, eh sampai Bandung masih pagi Anti-macet dan slap slip. Siapa mau naik juga?" pungkasnya.

Seperti diberikan sebelumnya, Presiden beserta rombongan hadir sekitar pukul 08:53 WIB.

Baca juga: Ridwan Kamil : Beroperasinya KCJB Akan Tingkatkan Perekonomian di Karawang, Padalarang dan Tegalluar

Presiden menjajal kereta cepat didampingi sejumlah kabinet Indonesia Maju diantaranya yakni Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan juga Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Tiba lantai dua stasiun, Presiden yang mengenakan kemeja putih langsung masuk ke dalam gerbong kereta di bagian depan.

Tidak lama berselang kereta cepat langsung melaju menuju Padalarang.

KCJB memiliki puncak kecepatan hingga 350 km per jam. KCJB nantinya akan dioperasikan sejauh 142,3 km yang menghubungkan Tegalluar di Bandung, Jawa Barat dengan Halim di Jakarta Timur.

Dalam pengujian kereta cepat Juni 2023 lalu, waktu tempuh dari Stasiun Halim ke Padalarang adalah 32 menit dan dari Stasiun Tegalluar kembali menuju halim 44 menit.

Proyek kereta cepat ini hasil kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah China.

Layanan kereta api berkecepatan tinggi ini dioperasikan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China yang terdiri atas konsorsium PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia dan China Railway International Company Limited.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat