androidvodic.com

Listrik Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Padam, AirNav Pastikan Tak Ganggu Penerbangan - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Perum LPPNPI/AirNav Indonesia selaku operator pelayanan navigasi penerbangan menyatakan, padamnya aliran listrik di Terminal 3 area Internasional Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (18/9/2023) pagi tak mengganggu operasional penerbangan.

"AirNav Indonesia selaku operator pelayanan navigasi penerbangan menyatakan bahwa tidak ada penerbangan yang terganggu," kata Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Hermana Soegijantoro dalam keterangannya, Senin.

Baca juga: Listrik Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Mati Sejak Pagi, Angkasa Pura II: Sudah Normal Kembali

Hermana bilang, pelayanan Navigasi Penerbangan tidak mengalami gangguan karena menggunakan sumber catu daya mandiri artinya sumber daya berbeda dengan operasional bandara.

"Sehingga pelayanan penerbangan dari dan ke bandara Soekarno Hatta dapat dilayani tanpa kendala," ujarnya.

Hermana bilang, Perum LPPNPI telah melakukan koordinasi dengan PT Angkasa Pura II dan KOBU I sebagai UPKS atau unit pelaksana koordinasi slot untuk updating slot penerbangan. Hal tersebut dilakukan untuk membantu kelancaran penjadwalan ulang penerbangan terdampak.

Baca juga: Hari Pelanggan Nasional, Begini Kejutan Pelita Air ke Penumpang di Terminal 3 Bandara Soetta

"Untuk mengantisipasi adanya jadwal penerbangan keberangkatan dan kedatangan yang bersamaan, telah disiapkan prosedur balancing capacity antara penggunaan runway utara (T2 dan T3) dan runway selatan (T1) melalui taxiway penghubung sehingga keselamatan dan keteraturan terjaga," ungkapnya.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II menyatakan, pasokan listrik di Terminal 3 area Internasional Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Banten sempat mengalami gangguan sejak Senin (18/9/2023) pagi.

"Pagi ini diketahui pasokan listrik dari Power Station 3 Bandara Soekarno-Hatta ke Terminal 3 area internasional sempat mengalami gangguan," kata Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi dalam keterangannya, Senin.

Dikatakan Holik, pasokan listrik yang mengalami gangguan hanya di Terminal 3 area Internasional Bandara Soekarno-Hatta. Sedangkan pasokan listrik ke Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 area domestik normal sejak pagi tidak mengalami gangguan.

Dia bilang, unit terkait kemudian melakukan pemulihan pasokan listrik untuk ke Terminal 3 area internasional, dan kini pasokan listrik sudah normal sejak pukul 08.35 WIB.

"Kami memohon maaf kepada penumpang pesawat, airlines, pengguna jasa bandara, mitra usaha dan semua stakeholder bandara," terangnya.

Sehingga Holik menegaskan bahwa hal tersebut tidak mengganggu penerbangan lainnya. Dia bilang, operasional Bandara Soekarno-Hatta tetap berjalan selama 24 jam.

"Tidak ada gangguan penerbangan yang signifikan. Kami pastikan seluruh penerbangan akan berjalan dengan baik pada hari ini. Bandara Soekarno-Hatta tetap beroperasi 24 jam setiap harinya," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat