androidvodic.com

Tokoh Otomotif dan Pendiri Indomobil Group Soebronto Laras Meninggal Dunia - News

News, JAKARTA - Industri otomotif Tanah Air mendapat kabar duka, telah meninggalnya Soebronto Laras, salah satu tokoh senior di dunia otomotif Indonesia sekaligus pendiri PT Indomobil Sukses Internasional Tbk.

Soebronto Laras meninggal dunia pada pukul 20.00 WIB, Rabu, 20 September 2023 di RS Medistra, Jakarta.

"Innalillahi wa innailaihi roji'un. Telah meninggal dunia Pak Soebronto Laras. Semoga almarhum husnul khotimah, diampuni Allah SWT dan diterima amal ibadahnya serta segenap keluarga diberikan kesabaran dan keikhlasan. Aamiin yaa robbal'alamiin," pesan tersebut disampaikan oleh keluarga dekat Soebronto Laras.

Soebronto Laras dikenal sebagai tokoh otomotif yang enerjik. Di  berbagai kegiatan penting di grup Indomobil, seperti di acara-acara penting yang diselenggarakan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Soebronto Laras selalu menyempatkan hadir.

Misalnya, di acara peluncuran produk-produk mobil terbaru Suzuki. Salah satu acara yang almarhum sempat hadiri adalah acara serah terima unit Suzuki Grand Vitara kepada 100 pembeli pertama yang diselenggarakan PT SIS di Plataran GBK, Jakarta, beberapa bulan lalu.

Soebronto Laraas lahir di Jakarta pada 5 Oktober 1943 dari keluarga R. Moerdono yang juga dikenal sebagai pengusaha sukses di industri otomotif.

Dia menjadi anak kedua R. Moerdono dari empat bersaudara.

Soebronto Laras menyelesaikan pendidikan dasarnya di Sekolah Dasar Cikini, Jakarta (1958) kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama Cikini, Jakarta (1961); Sekolah Menengah Atas Harapan Kita, Jakarta (1964).

Soebronto Laras melanjutkan pendidikan S1 di Paisley College, London, Inggris (1965); London College, Inggris (1965).

Perjalanan Karier

Soebronto Laras di masa mudanya, dikenal gigih membesarkan pasar Suzuki di Indonesia. Di masanya lahir produk-produk mobil Suzuki yang menjadi produk legendaris di pasar otomotif Indonesia.

Misalnya, Suzuki Carry 1000, Suzuki Vitara, dan lain-lain.

Selain menjadi pengusaha otomotif, Subronto Laras juga dikenal sebagai pebalap bersama koleganya, Tinton Soeprapto.

Soebronto Laras pernah berkarier di PT First Chemical Industry sebagai direktur. Perusahaan ini memproduksi alat-alat plastik dan perakitan kalkulator.

Kariernya kemudian menanjak dengan menduduki kursi direktur utama di perusahaan perakitan motor dan mobil Suzuki di grup Indomobil di PT National Motors Co. dan di PT Unicor Prima Motor, yang merakit mobil Mazda, Hino, dan sepeda motor Binter.

Soebronto Laras juga tercatat sebagai direktur utama PT Indohero Steel & Engineering Co., dan direktur utama PT Indomobil Utama.

Jenazah Soebronto Laras disemayankan di rumah duka di Jalan Bonang No. 5 Menteng, Jakarta Pusat, dan akan dimakamkan pada Kamis esok, 21 September 2023 selepas shalat dzuhur sekitar pukul 12.30 WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat