androidvodic.com

SKK Migas Luncurkan E-Commerce Industri Hulu Migas - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, BALI - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) meluncurkan katalog digital atau digital marketplace untuk melakukan pembelian barang dan jasa bagi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS).

Peluncuran sistem yang diberi nama Indonesian Oil and Gas E-Commerce (IOG E-Commerce) ini berlangsung pada hari pertama the 4th International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2023 (ICIUOG 2023), di Nusa Dua, Bali, Rabu (20/9/2023).

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, sistem ini akan menampilkan produk-produk unggulan dari penyedia yang telah bekerja sama dengan Kontraktor KKS.

Baca juga: Kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu Jadi Beban Industri Hulu Migas

Tercatat, saat ini lebih dari 1.000 produk telah terdaftar pada IOG E-Commerce ini. Dwi bilang, sistem ini sudah memfasilitasi proses order tracking yang lebih cepat dan mudah.

"Hadirnya IOG E-Commerce ini membawa sejumlah manfaat bagi kegiatan pengadaan barang dan jasa di Kontraktor KKS, antara lain membuat kegiatan pengadaan barang dan jasa menjadi lebih efektif, efisien, kompetitif, adil dan bertanggung jawab," ujar Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto.

Dikatakan Dwi, proses transaksi yang berjalan cepat pada sistem ini akan meningkatkan proses produksi. Semua aliran proses disinkronisasikan sehingga proses transaksi dapat dilakukan secara efisien, efektif, dan terkontrol dengan baik.

"Target dari interaksi ini adalah agar terjadi transaksi bisnis antara kedua pihak yang didasari pada kepuasan pelanggan," ujar Dwi.

Dwi menegaskan, IOG E-Commerce ini dibangun atas kerja sama SKK Migas dengan 27 Kontraktor KKS. Sistem ini turut terintegrasi dengan sistem Centralized Integrated Vendor Database (CIVD).

"IOG E-commerce ini akan memperluas kesempatan kepada para perusahaan di Indonesia untuk menjadi vendor Kontraktor KKS hulu migas," ucap dia.

Baca juga: SKK Migas: Lonjakan Impor BBM Hingga Tembus Ratusan Triliun Per Tahun Bikin Negara Tak Produktif

"Peluncuran IOG e-Commerce hari ini merupakan salah satu rangkaian program digitalisasi dalam rantai suplai hulu migas yang sudah kami kembangkan dalam enam tahun terakhir," sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat